Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis laporan mengejutkan tentang sampah makanan.
Kelaparan di Somalia, salah satu negara di Benua Afrika. (Foto: Shutterstock via Suara)

Sobat Ngepop, organisasi dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) baru-baru ini merilis laporan yang mengungkapkan angka yang mencengangkan: hampir 800 juta orang di dunia mengalami kelaparan, sementara lebih dari 1 miliar metrik ton makanan terbuang di seluruh dunia setiap harinya.

Dalam laporan PBB tersebut, disebutkan pada 2022, dunia membuang sekitar 1,05 miliar metrik ton makanan. Ini berarti sekitar seperlima dari makanan yang tersedia untuk masyarakat disia-siakan oleh rumah tangga, restoran, dan sektor layanan makanan dan ritel lainnya.

Melansir dari CNN, jumlah makanan yang terbuang ini melebihi persentase makanan dunia yang hilang selama proses perjalanan dari pertanian ke konsumen yang mencapai 13%. Secara total, sekitar sepertiga dari seluruh makanan terbuang selama proses produksi.

Angka-angka limbah ini menjadi sangat mencolok ketika dibandingkan dengan temuan bahwa sekitar sepertiga populasi dunia menghadapi kerawanan pangan, dan 783 juta orang mengalami kelaparan.

Statistik yang mengejutkan ini diterbitkan dalam Laporan Indeks Limbah Makanan Program Lingkungan PBB (UNEP) 2024 pada Rabu (27/4/2024) kemarin. Direktur UNEP, Inger Andersen, menyoroti pentingnya distribusi makanan yang efisien dan menekankan peran limbah makanan sebagai pendorong perubahan iklim.

"Sampah makanan adalah tragedi global. Jutaan orang kelaparan hari ini karena makanan terbuang sia-sia di seluruh dunia," ujar Andersen. "Hal ini tidak hanya merupakan masalah pembangunan yang besar, namun dampak dari limbah yang tidak perlu juga menyebabkan kerugian besar terhadap iklim dan alam," lanjutnya.

Laporan tersebut membedakan antara kehilangan makanan dan sampah makanan. Kehilangan makanan merujuk pada makanan yang terbuang pada awal rantai pasokan, seperti sayuran yang membusuk di ladang, sedangkan sampah makanan adalah makanan yang dibuang oleh rumah tangga, restoran, dan toko.



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!