Di media sosia, India kerap disebut dengan negeri Vrindavan.
Salah satu sudut kota Vrindavan di India. (Foto: pixabay.com/shalender)

Konten-konten video dan foto tentang India dengan label negeri Vrindavan sering muncul di media sosial. Sobat Ngepop mesti penasaran, mengapa India sering disebut sebagai Vrindavan? Simak penjelasannya di sini.

Vrindavan, Kota Suci dan Mitologi Krishna

Vrindavan sebenarnya adalah nama kota yang terletak di negara bagian Uttar Pradesh, India utara. Nama Vrindavan sering kali dikaitkan dengan mitologi Krishna, salah satu dewa penting dalam agama Hindu. Kota ini terletak di tepi barat Sungai Yamuna, sebelah utara Mathura, tempat suci Dewa Krishna bagi penganut agama Hindu yang mengagungkannya.

Kota Vrindavan memiliki peran penting dalam cerita-cerita mitologi Krishna. Menurut penjelasan dari Encyclopaedia Britannica, Vrindavan adalah tempat kelahiran Krishna dan juga tempat di mana ia menjalani masa kanak-kanaknya yang legendaris. Oleh karena itu, Vrindavan menjadi salah satu dari tujuh kota suci yang penting bagi ziarah Hindu.

Asal Usul Nama Vrindavan

Nama Vrindavan berasal dari kata "Vrinda" atau "Brinda" yang mengacu pada daun Tulsi, tanaman suci dalam agama Hindu yang digunakan untuk pemujaan para dewa. Kata "Vana" dalam bahasa Sanskerta berarti hutan. Dalam konteks ini, Vrindavan adalah "Hutan Daun Tulsi," yang menggambarkan tempat di mana tanaman Tulsi tumbuh subur dan padat.

Dalam epik Mahabharata, Vrindavan juga dikenal melalui cerita-cerita jenaka dan penuh pesona tentang Krishna yang memikat gadis-gadis desa di sana dan menemukan cinta sejatinya. Sejak itu, nama Vrindavan telah melekat dalam budaya dan mitologi India.



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!