Rasi bintang yang paling populer di tata surya

Kalian tau nggak sih tentang rasi bintang? Rasi bintang berarti sekumpulan bintang-bintang yang membuat sebuah pola di langit. Nah, pola itu yang bisa kita sebut sebagai konstelasi atau rasi bintang.

Penamaan rasi bintang umumnya menggunakan nama hewan, benda dan makhluk mitologi Yunani. Meskipun begitu, beberapa budaya yang ada di bumi mempunyai nama dan jumlah rasi bintang yang berbeda beda.

Seperti contoh, mitologi Yunani mengakui bahwa terdapat 48 rasi bintang yang ada di langit. Berbeda dari mitologi Yunani, NASA mengakui secara resmi bahwa terdapat 88 macam rasi bintang.

Selain itu, masing masing rasi juga memiliki legenda loh! Penasaran nggak kalian seperti apa nama dan legenda dari rasi bintang? Langsung aja yuk kita simak nama-nama dan penjelasannya. 

1. Ursa Minor

1. Ursa Minor Ilustrasi Ursa Minor yang berada di langit bagian Utara. (Foto: Ursa Minor/VectorStock)

Ursa Minor berada di langit utara. Ursa minor memiliki arti “Beruang Kecil” dalam bahasa latin. Ursa ini berdekatan dengan Ursa Major. Selain berdekatan, Ursa ini juga memiliki bentuk yang sama dengan Major, hanya berbeda di ukuran dan panjang ekornya. Ursa Minor ini cukup terkenal karena pada susunan rasi bintangnya terdapat polaris, yakni bintang utara yang sering digunakan sebagai penunjuk arah bagi para pelaut. Polaris merupakan bintang paling terang yang ada di Ursa Minor. Bintang ini terletak sangat dekat dengan kutub langit utara.

Ursa Minor dan Major memiliki mitologi yang saling berkaitan. Orang Yunani kuno mengaitkan kedua rasi bintang ini dengan seorang bidadari cantik yang ditaksir oleh Zeus. Callisto dan Zeus memiliki seorang anak yang bernama Arcas. Ternyata, Zeus sudah mempunyai istri dan istrinya mengetahui hal tersebut. Karena rasa cemburu, Hera, Istri Zeus pun mengubah Callisto menjadi seekor beruang. Selama  tahun tahun, Callisto bersembunyi di dalam hutan. Suatu hari, Arcas yang sudah beranjak dewasa sedang bermain ke hutan dan bertemu beruang yang merupakan ibunya, yakni Callisto. Karena tidak mengetahuinya, Arcas pun hendak membunuh beruang tersebut. Zeus yang mengetahui kejadian tersebut berusaha mencegahnya dan mengubah Arcas menjadi seekor beruang sama seperti sang ibu. Setelah kejadian itu, Zeus mengangkat Callisto (Ursa Major) dan Arcas (Ursa Minor) ke langit agar kekal bersama.

2. Ursa Major

2. Ursa Major Ilustrasi Ursa Major yang berdekatan dengan Ursa Minor. (Foto:Ursa Major/VectorStock)

Tidak jauh berbeda dari Ursa Minor, Ursa Major ini juga terletak di langit utara. Dalam bahasa latinnya memiliki arti “Beruang Besar”. Major merupakan rasi bintang terbesar di langit utara dan juga termasuk ke dalam rasi bintang terbesar ke-3 di langit. Bintang-bintang yang paling terang pada Ursa Major ini membentuk asterisme biduk, yang merupakan pola bintang paling populer di langit. Ursa Major terkenal di sebagian besar budaya dunia dan sering dikaitkan dengan beberapa mitos.



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!