Profil Witan Sulaeman, pesepakbola asal Indonesia berkarier di klub-klub Eropa

Sekian lama melanglang buana di negeri orang, pesepakbola Witan Sulaeman akhirnya kembali ke Indonesia. Pria kelahiran Palu, Sulawesi Tengah itu dikabarkan bergabung dengan klub liga 1, Persija Jakarta. 

Persija yang diasuh Thomas Doll sukses memboyong Witan Sulaeman untuk bergabung di klub berjuluk Macan Kemayoran. Pemuda kelahiran 21 tahun lalu itu dikabarkan menjalin kontrak hingga 3,5 tahun.

Sebelum berlabuh di Persija, Witan berkarier di klub sepakbola Eropa. Mau tau jejaknya? Yuk simak profil Witan Sulaeman.

Profil Witan Sulaeman

Witan lahir di Palu, 8 Oktober 2001. Bakatnya di olahraga bola sepak terasah sejak mengikuti pembinaan di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan. (Mengenai SKO Ragunan simak di sini Mengintip Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan: Syarat Masuk, Biaya hingga Atlet Lulusannya)

Adalah Indra Syafri yang saat itu menjadi pelatih Timnas U-19 melihat bakat luar biasa Witan Sulaeman, dan mengajaknya bergabung dengan skuad Garuda usia 19 tahun.

Catatan permainannya bersama Timnas U19 cukup baik. Ia tampil perdana pada umur 16 tahun dalam pertandingan internasional berlabel Turnamen Toulon 2017. Saat itu Indonesia kalah melawan Brasil U20 dengan skor tipis 0-1.

Lalu pada Kejuaraan Pemuda U18 AFF 2017, Witan sukses memasukkan dua gol saat melawan Brunei. Indonesia berhasil menang dengan skor 8-0. Ia juga berhasil membobol gawang Myanmar, saat Indonesia berebut tempat ketiga.

Permainannya makin terasah saat 2019, Witan bergabung dengan klub PSIM Yogyakarta, yang saat itu berkompetisi di Liga 2 Indonesia. Sekitar setahun berselang, Ia mulai merambah sepakbola Eropa.

Sosok Witan Sulaeman (Foto: Instagram @witansulaiman_)

Witan Sulaeman Berkarier Bola di Klub Eropa

Pada 2020, Witan menginjakkan kakinya di Benua Biru. Klub pertamanya adalah FK Radnik Surdulica. Klub profesional Serbia ini berdiri pada 1926, dan bermarkas di Kota Surdulica. (Mau tau lebih lanjut langsung ke situs resmi klub https://www.fk-radnik.com atau IG-nya @fk.radnik.surdulica)

Witan tak lama merumput di FK Radnik Surdulica. Tercatat hanya 71 menit di lapangan dalam dua penampilan.

Selanjutnya, Witan gabung dengan Lechia Gdansk, klub sepakbola profesional Polandia. (Cek situs resminya  https://lechia.pl atau Instagramnya @lechia_gdansk)

Di sini, ia bertemu rekan sesama Indonesia, Egy Maulana Vikri. Namun sayang, Witan tak mendapat tempat hingga akhirnya dipinjamkan ke klub lain, FC Senica (nih situs resmi klub  https://www.fksenica.eu dan Instagramnya @fk_senica). Bermain di klub Slovakia ini, Witan semakin percaya diri. Empat gol sukses disarangkannya ke klub lawan, plus satu assist. 

Usai membela FC Senica, Mei 2022 Witan berpindah ke AS Trencin, masih di negara yang sama. Selama tampil sebanyak 14 kali, ia sukses membobol gawang lawan sebanyak empat gol.



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!