Alami serangan jantung selepas manggung, Jon Kastella tutup usia.
Selamat jalan Jon Kastella. (Foto: syarikat_idola_remaja/instagram)

Musisi tanah air, Suhud Islami Kastella alias Jon Kastella, menghembuskan nafas terakhirnya, pada Minggu (27/8/2023) kemarin.

Melansir Jawa Pos, 'Bung' Jon baru saja menuntaskan penampilannya, di panggung musik Keuken Lahang Music Stage, sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Kabar duka Jon ini mengundang ungkapan bela sungkawa dari sesama pegiat musik tanah air. Sebuah unggahan dalam akun instagram ofisial, @syarikat_idola_remaja, tampak nama-nama seperti Ari Lesmana, Bisma Karisma, dan Yura Yunita.

"Hari ini, minggu 27 Agustus 2023 jam 20.02 WIB, SUHUD ISLAMI KASTELLA yang kita kenal sebagai JON KASTELLA, telah kembali ke Rahmatullah." tulis @syarikat_idola_remaja.

 

Melansir Tempo.co, Direktur Festival Keuken Lahang Music Stage, Meizan Nataadiningrat, menjelaskan kalau Jon Kastella dinaikkan ambulans PMI Kota Bandung ke rumah sakit, yang telah siaga sepanjang acara.

Melalui petugas medis ambulans, didapati informasi kalau Jon mengalami serangan jantung. Kejadian ini bermula ketika Jon melepas penat usai tampil.

 “Terjadinya dalam kondisi istirahat setelah pentas.” kata Meizan.

Sontak kabar kepergian Jon segera disampaikan panitia, kepada kru Syarikat Idola Rakyat (SIR). Dan melawat ke rumah sakit hingga ke rumah duka.

 

Profil Jon Kastella

Profil Jon Kastella (Foto: pophariini)

Lahir di Jakarta pada 1981 dengan nama Suhud Islam Kastella, Jon sempat menjalani kehidupan di Papua. Sampai di umur yang ke-10, ia dan keluarga menjadi warga Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Melansir laman pophariini, lingkungan pertemanan di Jatinangor inilah yang membangun identitas musiknya. Bersama dengan dua teman, Jon mendirikan Orkes Tambul Kahairanan (OSK).

Meski belum memiliki manajemen band yang mumpuni, OSK ini mampu mengalirkan pendapatan bagi personilnya. 

Pijakan awal lahirnya OSK bermula dari pertemanannya di perpustakaan Batu Api. Lambat laun, OSK mendapati sejumlah tawaran dari serangkaian gig musik di wilayah Bandung. 

Aliran musik folk memancar deras dari irama musiknya. Sebuah kontes musik, Ruang Putih, langganan mengundang Jon Kastella dalam gelaran 'Folk Night'.

Gelaran musik ini mengantarkannya berbaur dengan banyak musisi. Diketahui, Ruang Putih rutin mengadakan panggung musik sejak pertengahan 2016.

Di tahun berikutnya, Jon Kastella, mendapatkan tawaran untuk gabung proyek musik, bersama Syarikat Idola Remaja.

Kesempatan ini menghampiri Jon kala ia kerap bercengkrama di Omoniuum. Sebuah toko pernak-pernik musik dan titik temu pegiat musik di Bandung.

Proyek ini ditujukan sebagai prolog di konser 'Sepenggal Rindu' milik Efek Rumah Kaca, di Dago Tea House.

Perlahan, SIR menaikkan popularitas Jon Kastella. Nama ini menjelma idola bagi pecinta musik di Kota Bandung.

Meski berlabelkan SIR, Jon kerap tampil sebagai identitas pribadinya. Seumur karirnya, ia mengoleksi dua single. Yakni 'Balada Sang Pencari' dan 'Cukup Lebih Bagiku'.(*)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!