Menegangkan! Ini 5 Rekomendasi Film Post-Apocalyptic yang Penuh Perjuangan

Rekomendasi film sub genre post-apocalyptic yang penuh perjuangan

Post-apocalyptic merupakan salah satu sub genre fiksi ilmiah. Post-apocalyptic dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai pasca kiamat. Film ini lebih memperlihatkan perjuangan para penyintas untuk bertahan hidup. 

Sub genre post-apocalypstic mirip dengan survival. Para penonton diajak untuk membayangkan seandainya dunia ini berakhir, sebagai penyintas apa yang akan kita lakukan.

Film post-apocalyptic biasanya lebih berfokos pad perjuangan tokoh utama sebagai penyintas untuk bertahan hidup, yang pastinya menegangkan untuk ditonton. 

Berikut adalah rekomendasi film post-apocalyptic yang bisa bikin kamu ikut merasakan keteganagn bertahan hidup.

1. A Quiet Place

A Quiet Place yang dirilis pada 2018 merupakan film yang disutradarai oleh John Krasinski. Film ini menceritakan sebuah keluarga yang mencoba bertahan hidup dari invasi makhluk buta dengan pendengaran yang sangat tajam.

Hampir tidak ada percakapan langsung dalam film ini menambah ketegangan saat menonton film ini. Film ini juga memenangkan Critics' Choice Movie Awards dalam kategori Best Sci-Fi/Horror Movie pada tahun 2019. Dan sequel dari film A Quiet Place ll dirilis pada 2020 yang juga tidak kalah menegangkan.

Poster film A Quiet Place (Foto : Tirto.ID)

2. Bird Box

Masih dalam tahun yang sama, bird box juga film bergenre post apocalipstic yang rilis pada tahun 2018. Film ini merupakan adaptasi dari novel yang berjudul sama karya  Josh Malerman. Film ini menceritakan tentang perjuangan Malorie Hayes ( Sandra Bullock) saat melindungi dirinya sendiri dan 2 anak dari entitas yang menyebabkan sesorang bunuh diri saat melihatnya. Kamu juga bisa menonton ini di Netflix.

Poster film Bird Box (Foto: greenscene.co.id)

3. I am Legend

Film yang dibintangi oleh Will Smith merupakan salah satu fil bergenre post apocalips terbaik. Film ini dirilis pada tahun 2007 dan disutradai oleh Francis Lawrence. Merupakan adaptasi ketiga dari novel Richard Matheson, tahun 1954, i am legend. Setelah sebelumnya diproduksi dengan judul The Last Man on Earth pada tahun 1964 dan The Omega Man pada tahun 1971. Dalam film ini Will Smith berperan sebagai Robert Neville, sebagai salah satu manusia yang selamat dan kebal dari virus yang bersumber dari obat penyembuh kanker. Dalam kesendiriannya di kota Manhattan yang sepi ia ditemani oleh seekor anjing betina bernama samantha, ia mencoba membuat obat untuk manusia yang berubah jadi makhluk yang disebut darkseekers yang sensitif terhadap sinar matahari. 

Poster film I am Lagend (Foto: Netflix.com)

4. Children of Man

Children of man yang dirilis pada 2006 ini berlatar waktu 2027 Dimana manusia mengalami infertilitas (ketidaksuburan) sejak 18 tahun lalu. Peradaban manusia berada diambang kehancuran dan manusia hampil punah. Mengahdapi hal tersebut, tiba-tiba seorang gadis misterius yan tengah hamil muncul. Theo Faron (Clive Owen) seorang mantan aktivis ditugaskan untuk mengantarkan gadis bernama Kee (Clare-Hope Ashitey) tersebut ke "proyek manusia" sebuah kelompok ilmiah yang mencoba untuk menyembuhkan ketidaksuburan. Dalam perjalannya ia harus mengahadapi kelompok jahat.

Poster film Children of Man (Foto: primevideo.com)

5. The Day After Tomorrow

The day after tomorrow merupakan film tahun 2004 yang mengambarkan akibat-akibat dari pemanasan global. Film ini didasarkan pada buku The Coming Global Superstorm tahun 1999 karya  Art Bell dan Whitley Strieber. Film ini menggambarkan bencana yang terjadi setelah gangguan sirkulasi Samudra Atlantik Utara. Serangakaian peristiwa Cuaca extrem menganantarkan pendinginan global yang mengarahkan manusia kembali ke zaman es.

Itulah rekomendasi 5 film post apocalyptic yang menegangkan. (*)

Kontributor: Zahratul Aini (saat ini berstatus mahasiswa Universitas Negeri Malang)

Keterangan foto: Film Bird Box (Sumber: Instagram @birdboxmovie)

Poster film The Day After Tomorrow (Foto: hotstar.com)