Pantai merupakan salah satu keindahan alam yang wajib dikunjungi. keindahan pantai membuat seseorang bisa merasakan ketenangan dan mengurangi stres.

Pantai Melasti. (Foto: Dok. Pribadi)

Bali memiliki keindahan alam yang tidak bisa diragukan lagi. Seperti halnya keindahan pantai yang memanjakan mata hingga banyak wisatawan asing yang melirik pantai indah di Bali. Salah satu pantai indah di daerah Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali adalah pantai pandawa dan pantai melasti. 

Kedua pantai tersebut jaraknya dekat hanya bersebelahan saja. Dengan keindahan kedua pantai cantik tersebut, terdapat kisah yang menarik yang perlu diketahui. Awalnya pantai pandawa namanya bukan pantai pandawa melainkan pantai kutu. 

Kalau di Pulau Jawa kutu memiliki makna hewan yang tinggal dirambut kepala manusia, berbeda makna jika di Bali. Kutu di Bali sendiri memiliki arti pohon-pohon yang besar. 

Sebelum adanya perkampungan, dulu banyak dijumpai pohon-pohon yang besar. Karena hal tersebut, daerah ini dinamakan sesuai dengan kondisi alam yang ada yaitu kutu yang berarti pohon-dengan kondisi alam yang ada yaitu kutu yang berarti pohon-pohon besar.

Akhirnya terbentuklah nama desa adat yaitu Desa adat Kutu. Karena di desa ini terdapat pantai, maka pantai yang terletak di desa ini juga dinamakan sama yaitu Pantai Kutu

 

 

Pantai Pandawa (Foto: anekatempatwisata.com)

 

Awalnya penduduk Desa Kutu ini memiliki pekerjaan sebagai petani rumput laut. Para petani menuruni tebing setinggi 70 meter untuk mendapatkan rumput laut. 

Kemudian ada masa dimana harga rumput laut ini mengalami penurunan atau anjlok, sehingga mereka mengalami masa sulit dalam mata pencaharian. 

Karena hasil pertanian mereka dibeli murah oleh pengepul yang mengakibatkan pendapatan penduduk desa ini menurun. Bahkan desa ini pernah di cap desa termiskin. 

Penduduk desa tidak mau terus dalam kondisi yang demikian, maka mereka punya inisiatif untuk memajukan desa dengan mengandalkan pesona alam yang ada di Desa Kutu. Dengan pantai yang memiliki warna air yang sangat jernih kehijauan dan kebiruan, serta pasir putih yang membentang sepanjang 3 km. 

Mereka berpikir untuk membuat tempat ini menjadi sebuah destinasi wisata. Namun, pantai ini dikelilingi oleh tebing yang tingginya hingga 70 meter. Dengan tekad yang kuat, maka tebing setinggi 70 meter itu dibelah dengan menggunakan alat untuk dibuat jalan.

Setelah dibukanya jalan dan dijadikan menjadi tempat wisata, maka mulai berdatangan para wisatawan. Setelah semakin ramai kunjungan dari wisatawan, maka pantai tersebut diganti menjadi Pantai Pandawa. 

Nama pandawa sendiri disesuaikan dengan semangat masyarakat adat Desa Kutu, mereka mengerjakan dan membelah tebing batu karang ini selama 12 tahun yang sesuai dengan cerita pewayangan pandawa yang mengasingkan diri selama 12 tahun.

Karena keindahan alam yang mempesona, mulai banyak wisatawan yang datang menikmati indahnya pantai tersebut. Akhirnya penduduk juga membuat pantai yang bersebelahan dengan Pantai Pandawa ini untuk dijadikan tempat wisata. 

Untuk menarik wisatawan dan meramaikan tempat wisata, diadakanlah orkes yang mendatangkan artis ibukota. Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat prewedding karena view yang begitu indah. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!