Wisata Kampung Kerbau di Savana Situbondo, viral di media sosial.

Wisata Kampung Kerbau. Eksotis? Ya, karena kamu bukan hanya melihat pemandangan hewan bernama latin Bubalus bubalis. Kerbau-kerbau ini berada di hamparan padang rumput yang ada di antara rawa. Makin penasaran, kan?

Sebagai informasi, savana merupakan ekosistem khas dengan vegetasi padang rumput yang ditumbuhi pohon atau sekelompok pohon yang terpencar-pencar. Ekosistem ini bisa kamu temui di Jawa bagian timur, Nusa Tenggara, sampai ke Papua.

Di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terdapat wisata Kampung Kerbau yang berada di savana rumput rawa payau. Lokasinya terdapat di area Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran.

Kerbau-kerbau yang ada di sini, dibiarkan berkembang biak secara liar di rawa berumput. Inilah yang membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

Nama Wisata Kampung Kerbau di Savana Situbondo memang lagi naik daun dan viral di media sosial. Salah satu daya tariknya adalah panorama yang indah dan suasananya yang khas dengan hijaunya alam pegunungan.

Di tempat itu, ratusan kerbau milik warga setempat berkeliaran setiap harinya. Terkadang ditemani para pengembalanya. Hewan ini dibiarkan bebas mencari makan di savana. 

Metode penggembalaan tersebut dilakukan oleh masyarakat setempat untuk membuat kerbau peliharaan mereka tidak stres dan dapat tumbuh dengan baik. Selain juga untuk mengurangi beban biaya pakan dengan membiarkan kerbau mencari makan secara mandiri.

Dua kerbau di savana wisata Kampung Kerbau Situbondo. (Foto: Ridwan for TIMES Indonesia)

Ridwan, salah satu pengunjung mengungkapkan daya tarik Wisata Kampung Kerbau Situbondo. "Pemandangan di sini itu bagus banget, hijau dan segar. Cocok banget untuk refreshing saat lelah dengan kesibukan dan rutinitas pekerjaan. Rasanya segar sekali," ucap Ridwan.

Selain savana nan indah dipandang, Kampung Kerbau juga memiliki suasana eksotis khas yang tercipta berkat lokasinya yang dekat dengan pesisir pantai.

"Anginnya itu menyejukkan sekali. Belum suara ombak pantai yang menenangkan. Destinasi wisata yang cukup menenangkan," ucapnya.

Berkat lokasinya yang berdekatan dengan pantai, selain memiliki savana rumput dan rawa payau alami, Kampung Kerbau juga memiliki panorama senja yang eksotis dan menawan.

"Biasanya kami ke sini sore-sore. Sepulang kerja sempetin mampir untuk hilangin beban dan penat sejenak. Senjanya itu lho! Indah banget," kata Ridwan.

Paket komplet mulai keindahan panorama, keunikan masyarakat, eksotisme kerbau dipadu suasana senja yang menawan membuat Kampung Kerbau cepat menjadi jujukan wisata populer.

Untuk kalian yang ingin menikmati keindahan panorama Kampung Kerbau Situbondo, tidak perlu kuatir membayar. Destinasi wisata yang satu ini tidak dikenakan biaya masuk sama sekali.

Mendapatkan popularitas, peternak kerbau di Kampung Kerbau Situbondo merespons positif fenomena tersebut.

"Kami cukup senang dengan mulai ramai dan dikenalnya daerah Kampung kerbau ini. Selain bukti dari panorama alam yang indah, nilai unik metode pemeliharaan kerbau kami juga mulai dilirik," kata Budi, peternak kerbau setempat.

Layaknya tempat wisata lainnya, menjaga kebersihan tentu menjadi tanggung jawab dan perhatian semua. "Kami harap para pengunjung yang datang dapat berlaku bijak dan tetap menjaga ekosistem dan tidak membuang sampah sembarangan," kata Budi. (*)

Artikel ini telah tayang di TIMES Indonesia dengan judul Hai Traveller, Ada Wisata Kampung Kerbau di Savana Rumput Rawa Payau Situbondo, Sejuk dan Nyaman Lo!

Foto utama. Wisata Kampung Kerbau di Savana, Situbondo (Sumber: Azkaufauziah) 



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!