Jawa Timur, dikenal pula kaya akan sisi misterius yang tercermin pada keberadaan tempat angker.
Taman Nasional Alas Purwo (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi via Kompas.com)

Jawa Timur, salah satu provinsi di Indonesia, terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya yang kaya. Namun, di balik keindahan alam dan sejarahnya yang menarik, provinsi ini juga memiliki sisi misterius yang memikat banyak orang. Berikut 9 tempat angker di Jawa Timur yang penuh dengan kisah mistis dan legenda menyeramkan, disarikan dengan berbagai sumber.

1. Alas Lali Jiwo

Alas Lali Jiwo terletak di jalur pendakian Gunung Arjuno. Tempat ini dipercaya sebagai yang paling angker di Jawa Timur, karena banyaknya pendaki yang hilang di sini. Mereka yang berhasil kembali selalu menceritakan pengalaman mistis yang mereka alami ketika melewati Alas Lali Jiwo.

2. Alas Ketonggo Srigati

Di Ngawi, Jawa Timur, terdapat Alas Ketonggo Srigati, yang dianggap sebagai hutan lindung yang sakral. Selain memiliki kisah mistis, tempat ini juga pernah menjadi tempat pertapaan Soekarno. Meski begitu, beberapa orang tetap melakukan praktik pesugihan di sini.

3. Pasar Setan, Gunung Lawu

Gunung Lawu, yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, memiliki tempat misterius bernama Pasar Setan. Konon, di sini, makhluk ghaib bertransaksi jual beli. Pendaki sering mendengar suara riuh di sabana dan hamparan bebatuan ini, yang menambah suasana misterius.

4. Jalur Gunung Gumitir

Jalur Gunung Gumitir, yang dilewati oleh mereka yang perjalanan ke Banyuwangi, sering dikatakan memiliki suasana angker. Beberapa orang bahkan mengaku telah melihat sosok hitam tinggi dan besar di sana.

5. Alas Purwo

Alas Purwo, yang berlokasi di Banyuwangi, merupakan salah satu hutan tertua di pulau Jawa. Tempat ini dikatakan memiliki aura yang sangat angker, bahkan dari sekilas pandang saja. Konon, orang yang memasuki Alas Purwo ini tidak akan pernah bisa kembali. Banyak yang berani datang ke sini untuk uji nyali atau melakukan praktik pesugihan.

Petilasan Alas Ketonggo (Foto: Solopos via Bisnis.com)

6. Rowo Banyu

Rowo Banyu di Banyuwangi memiliki cerita mistis di dalamnya. Tempat ini dihubungkan dengan kisah KKN Desa Penari karena terdapat kemiripan pada tempatnya. Rowo Banyu diyakini sebagai tempat yang disinggahi oleh para jin dan makhluk gaib. Selain aura mistis, Rowo Banyu menawarkan keindahan rawa dengan 5 sumber mata air yang dikelilingi oleh pepohonan rindang yang memberikan suasana sejuk.

7. Klampis Ireng

Klampis Ireng di Ponorogo diyakini sebagai tempat kerajaan ghaib terbesar yang dipimpin oleh Eyang Ismoyo. Suasana misterius semakin terasa karena penduduk setempat sering mendengar pagelaran wayang di petilasan ini, meskipun tak ada aktivitas yang terlihat.

8. Waduk Bundur

Waduk Bundur atau area Gemuk di Gresik dipercaya sebagai tempat yang angker, dengan cerita tentang kerajaan jin yang sering singgah di sini. Suara gamelan yang terdengar oleh penduduk setempat menambah misteri, meskipun saat diperiksa, tidak ada yang terlihat kecuali tanah dan rumput yang dikelilingi oleh air.

9. Pabrik Tekstil Tanggulangin

Pabrik tekstil Tanggulangin di Sidoarjo terkenal angker. Dulunya pabrik gula pada zaman Belanda, tempat ini terbengkalai dan terkesan angker setelah krisis moneter pada tahun 1999. Penduduk sekitar mengaku sering mendengar suara misterius dari dalam pabrik tersebut.

Itulah 9 tempat angker di Jawa Timur yang penuh dengan misteri dan legenda menyeramkan. Bagi yang suka tantangan, mungkin ini bisa menjadi daftar tujuan petualangan berikutnya. Namun, selalu ingat untuk menghormati lingkungan dan budaya setempat saat menjelajahi tempat-tempat tersebut. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!