Songthew adalah angkutan umum yang berada di negara Gajah Putih atau Thailand

Songthew merupakan angkutan umum yang berada di Negara Thailand. Angkutan ini merupakan angkutan umum atau angkot di Indonesia, hanya saja songthew lebih terbuka daripada angkot. untuk kapasitas isi hampir sama dengan angkot dan pengguna songthew ini umum dari  berbagai kalangan.

Angkutan Umum Songthew Thailand

Angkutan Umum Songthew Thailand Google/Alamy

Thailand merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki berbagai macam keunikan yang bisa digali lebih dalam bagi turis yang menjelajah negara yang dikenal dengan Gajah Putih. Mulai dari makanan, minuman, budaya, dan salah satunya adalah transportasi di negara Thailand. Salah satu transportasi unik di Thailand yang bisa dicoba adalah songthew. Kendaraan ini bisa ditemui banyak dijalan-jalan wilayah Thailand.

Songthew ini diambil namanya dari dua bangku kursi yang berjejer di belakang, terkadang ditengah atau diantara dua kursi yang berjajar juga diisi bangku agar muat lebih banyak penumpang. Kendaraan ini mirip dengan kendaraan angkutan barang di Indonesia, hanya saja terdapat penutup atau atap sebagai pelindung dari hujan maupun panas. Songthew ini adalah kendaraan umum yang biasa digunakan sebagai alat transportasi, jika di Indonesia kita menggunakan angkutan umum yang dikenal angkot, di Thailand adalah songthew.

Bertepatan menjelang tahun baru 2023 yaitu 31 Desember 2022 malam, banyak songthew  berkeliaran mengangkut padatnya penumpang tepatnya di kota Hatyai. Songthew sendiri juga bisa disewa jika digunakan untuk keliling atau mengantar rombongan ke tempat tujuan-tujuan tertentu. Untuk penumpang sendiri juga beragam, hanya saja waktu itu hanya terdapat penumpang remaja hingga orang dewasa di sepanjang jalan Hatyai.

Ketika menyewa Songthew menjelang tahun baru sekitar 1.500 baht yang diisi sebanyak 17 orang dengan sekali antar dan sekali jemput. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung jarak yang ditempuh. Dengan menaiki songthew, penumpang bisa menikmati pemandangan jalan Thailand dengan leluasa karena kondisi yang terbuka yang hanya tertutup dengan atap

“seneng banget, naik songthew mirip dengan naik angkot versi terbuka. Rasanya juga seperti menaiki odong-odong yang biasanya tersedia di beberapa alun-alun Indonesia.” Ucap Zakiah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Malang.



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!