Overthinking menjadi lebih produktif!

Sering kali seseorang mengalami overthinking hingga merasakan takut dan ragu ketika akan melangkah ke depan, apakah kamu termasuk salah satunya?

Overthinking adalah istilah yang sering ditunjukkan pada orang-orang yang suka berpikir berlebihan dalam menanggapi sesuatu.

Overthinking ini mencakup 2 poal pikir yaitu ruminating (merenungkan) dan worrying (mengkhawatirkan). Sehingga, memunculkan sisi positif yakni dapat mendorong kita untuk bersikap antisipasi yang berfokus pada pemikiran alternatif apabila terjadi sesuatu buruk yang tidak kita inginkan dan sisi negatif yang dapat menciptakan perasaan cemas dan sedih berlebihan sehingga muncul ketakutan dalam mengambil keputusan.

Jika overthinking ini terus terjadi pada kamu, alhasil bisa membuang energi positif, gampang emosi, mudah lelah hingga menjadikanmu kurang produktif. Namun, kita bisa lho mengubah overthinking menjadi hal yang produktif, yuk simak caranya!

1.      Take Action

Terlalu memikirkan sesuatu atau peristiwa baik yang sudah maupun belum terjadi akan membuat waktumu terbuang sia-sia dan berlanjut pada overthinking yang tidak berkesudahan. Dari pada hanya dipikirkan, lebih baik mulailah mengambil langkah, meskipun kecil namun tetap konsisten. Kamu dapat mengalihkan segala rasa kecemasan dan ketakutan dengan aktivitas positif seperti melakukan pekerjaan rumah, olahraga, menyalurkan hobi mulai dari bermain musik, bernyanyi, memasak, dan bermain game. Melalui hobi yang disukai, pikiran akan lebih tenang, dan tentunya hatipun ikut senang.

2.      Berhenti menjadi perfeksionis

Pada dasarnya, sebagian orang menginginkan kesempurnaan dalam hidupnya. Begitupun dengan si perfeksionis yang ingin selalu sempurna dan sering merasa ada yang kurang dalam melakukan suatu perkerjaan atau tindakan. Takut membuat kesalahan yang tidak dapat diterima orang bahkan lingkungan. Namun, dalam realitanya  tidak selalu mengerjakan suatu pekerjaan yang sempurna itu lebih baik dari pada tidak menyelesaikan tepat waktu sehingga, apa yang perfeksionis ini lakukan dapat berimbas pada kesehatan tubuh yang akan membuatnya mudah stres bahkan bisa berlanjut depresi. Oleh sebab itu, cara tepat agar overthinking berkurang adalah kurangi diri menjadi perfeksionis.

3.      Mengapresiasi Diri

Setelah take action dan mengurangi sikap perfeksionis, jangan lupa untuk mengapresiasi diri atas usaha dan pencapaian yang telah dilakukan. Salah satunya dengan membuat To Do List untuk setiap usaha atau hal yang telah dilakukan dengan tujuan motivasi diri untuk berkembang lebih jauh.

Kamu bisa mengikuti jurus jitu diatas untuk mengusir overthinking menjadi pribadi yang lebih produktif. Berhenti membayangkan hal buruk yang sudah bahkan belum pernah kamu alami secara berlebihan. Selamat mencoba. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!