Politikus senior Indonesia, Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia karena hal ini.
Sosok Sawarno Kusumaatmadja. (Foto: RRI)

Kabar duka datang dari dunia politik Indonesia. Salah satu tokoh politik senior, Sarwono Kusumaatmadja, menghembuskan nafas terakhirnya di Adventist Hospital, Penang, Malaysia, Jumat (26/5/2023) sore.

Melansir dari CNN Indonesia, kabar ini disampaikan oleh politikus Golongan Karya (Golkar), Crhistina Aryani, yang mendengar kabar langsung dari anak mendiang.

"(meninggal dunia), confirmed dari anaknya," ujar Christina kepada CNNIndonesia.com, Jumat (26/5/2023).

Hal serupa juga datang dari anggota partai pohon beringin tersebut, Indra J. Piliang. Melalui akun Twitter pribadinya, ia turut berbelasungkawa, dan sedikit mengenang jasa mendiang.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.  Sarwono Kusumaatmadja berpulang jam 15.14 di Adventist Hospital, Penang. Orang hebat. Beliau pernah saranin saya untuk kirim positioning paper berupa weekly and monthly untuk isyu2 politik dan sosial, setelah sy pensiun," tulis akun @IndraJPiliang di Twitter.

Putri sulung mendiang Presiden ke-4 RI, Alissa Wahid. Melalui akun Twitter pribadinya, kalimat perpisahan dan doa mengiringi perjalanan terakhir Sarwono.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun. Selamat jalan, pak Sarwono. Terimakasih telah membersamai #GusDur. Beliau sangat menghormati  bapak, terutama karena bapak justru sangat kritis tanpa kehilangan hubungan baik. Alfatihah,” tulis akun @AlissaWahid di Twitter.

Melansir dari Detik News, Sarwono Kusumaatmaja mendapar perawatan intensif, karena mengidap kanker paru-paru di Adventist Hospital Malaysia. Menurut pengakuan Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Penang.

"Beliau meninggal dunia dengan dikelilingi anggota keluarga terdekat setelah mendapat perawatan beberapa hari karena menderita penyakit kanker paru-paru," tulis KJRI di Penang.

Diketahui, mantan menteri era Presiden Soeharto ini meninggal usai menjalani perawatan pada pukul 17.12 waktu setempat, atau pukul 16.12 WIB.

Mengenang Kembali Sosok Sawarno Kusumaatmadja

Bernama lengkap Sarwono Kusumaatmadja, tokoh klasik politik Indonesia ini lahir di Jakarta pada 24 Juli 1943. Pendidikan tertingginya di Institut Teknologi Bandung, mengambil Jurusan Teknik Sipil pada tahun 1974. Sarwono juga pernah meraih penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana pada 12 Agustus 1992. Sebuah penghargaan tertinggi dari presiden karena dinilai berpengaruh besar terhadap bangsa dan negara.

Masih melansir dari Detik News, Sarwono pernah mengemban jabatan sebagai anggota DPR RI dan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) Partai Golkar (1983-1988). Dalam jajaran kabinet Presiden Soeharto, ia pernah diberi amanah sebagai Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

Kemudian berlanjut ke Kabinet VI sebagai Menteri Negara Lingkungan (1993-1998). Terakhir kalinya menjabat sebagai menteri di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), sebagai Menteri Eksplorasi Kelautan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Sebelum tercatat sebagai kader Partai Golkar, sosok karismatik ini tergabung dalam Partai Keadilan dan Persatuan pada Pemilihan Umum 1999.

Pada Pemilu selanjutnya, Sarwono Kusumaatmadja terpilih sebagai anggota Legislatif DPD RI dari DKI Jakarta (2004-2009). Ia juga sempat melamar sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). (*)




Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!