Revisi undang-undang wajib militer, BTS melakukan dinas militer alternatif

Revisi UU Wamil untuk Member Idol BTS , Dinas Militer Alternatif

Kim Young Bae, salah satu anggota parlemen Korea Selatan mengajukan usulan untuk revisi Undang-Undang Wajib Militer untuk idol yang telah mendapat tugas negara seperti BTS

Ia menyebutkan, tak hanya BTS, jika ada selebriti pop Korea Selatan yang aktif di bidang internasional telah memberikan kontribusi ekonomi dan sosial. 

"Ada kontribusi ekonomi dan sosial yang tak terbayangkan. Saya percaya selebriti pop (seperti BTS) memberikan kontribusi penting untuk kepentingan nasional, termasuk promosi untuk menjadi tuan rumah Expo 2030 di Busan, melalui melakukan dinas militer alternatif," ujar Kim Young Bae dari Partai Demokrat Korea Selatan seperti dikutip dari Yonhap. 

Menurutnya revisi undang-undang akan memungkinkan para idol KPop seperti BTS untuk menggantikan tugas militer dengan layanan alternatif seperto promosi negara. 

Selama ini undang-undang wajib militer Korea Selatan mewajibkan semua pria kewarnagenaraan Korea Selatan yang berbadan sehat berusia antara 18-28 tahun melaksanakan tugas kemiliteran. 

Meski demikian ada pengecualian bagi atlet pemenang penghargaan internasional, dan musisi klasik. Peran mereka dinimai meningkatkan reputasi negara di luar negeri. 

Kim Young Bae menyebut, BTS masuk dalam kategori tersebut. Boyband yang digawangi Jungkook itu sudah mendapatkan beberapa penghargaan internasional. 

BTS pernah menyabet Grammy Awards 2021 dari kategori Best Pop Duo/ Group Performance untuk lagu Dynamite. 

Sementara BTS juga sudah langganan meraih American Music Awards sejak tahun 2018. 

BTS juga pernah membawa piala Billboard Music Awards kategori Top Selling Song untuk lagu 'Dynamite.' Serta penghargaan bergengsi skala internasional lainya. 

Jika menurut undang-undang, dilihat dari usia, member BTS yang harus bersiap masuk wamil adalah Jin. Tahun ini, pemilik nama asli Kim Seok Jin itu berusia 29 tahun. (*)

 

Sumber foto utama: Instagram/@bts.bighitofficial



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!