Liga 1 2022/2023 telah memiliki jawaranya. Dipastikan, pelaku utama yang mengunci gelar juara Liga 1 adalah PSM Makassar.
Poster PSM Makassar Juara BRI Liga 1 2022/2023 (Foto: liga1match/instagram)

Mahkota juara Liga 1 2022/2023 resmi menjadi milik PSM Makassar usai mengalahkan Laskar Sappeh Kerrab, Madura United, dengan skor 3-1, di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, pada Jumat (31/3/2023) malam.

Pasalnya, perolehan 72 poin yang dimiliki tim berjuluk Juku Eja ini tak mampu dikejar oleh Persija maupun Persib yang berada di tangga klasemen kedua dan ketiga.

Wiljam Pluim menjadi aktor utama kemenangan PSM atas Madura United, dengan memborong dua gol (4’ dan 10’). Kemudian mendapat satu tambahan gol dari sepakan lambung Kenzo Nambu (48’)

Penantian panjang PSM Makassar selama 23 tahun resmi berakhir. Pertandingan masih menyisakan 2 laga sisa, namun tim ‘Ikan Merah’ sangat digdaya sepanjang musim ini. Terbukti dengan hanya menelan dua kekalahan saja. Yakni takluk 0-1 dari Madura United dan 2-4 dari Persija.

Padahal, tim besutan Bernardo Tavares ini kiprahnya pada musim lalu tidak begitu diperhitungkan. Berjuang mati-matian demi terhindar dari zona relegasi. Namun dapat bangkit dengan menakjubkan pada musim 2022/2023 ini dengan keluar sebagai jawara liga, bahkan sebelum liga usai.

“We Are The Champions BRI Liga 1 2022/2023. Tahun lalu kita diambang jurang, tahun ini kita pemenang. Tidak pernah berhenti berjuang hadapi surut dan pasang. Setelah 23 tahun penantian panjang, sudah saatnya bersenang-senang,” tulis pernyataan klub di akun instagram official @psm_makassar.

Akun official PSM Makassar juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para fans dan semua pihak. Yang mana telah mendukung serta ikut memperjuangkan hingga menjuarai kompetisi tearatas tanah air ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami, kita telah rebut kembali kejayaan itu, EWAKO!.” tulis lanjutan dari pernyataan klub di atas.

Tak ketinggalan dengan komentar dari kepala pelatih PSM Makssar, Bernardo Tavares, mengatakan tim besutannya tidak menjadi favorit untuk bersaing dalam perburuan gelar. Dan satupun supporter bola Indonesia yang akan menyangka terciptanya momen hari ini.

“Terima kasih! Kita menunggu selama 23 tahun dan perlu saya tekankan bahwa tidak ada yang percaya dari awal bahwa kita bisa mencapai semua ini. Dari awal musim tidak ada yang menyangka PSM akan melangkah sejauh ini,” ujar Tavares.

Sebagai tambahan, ia mengatakan bahwa masa-masa sulit selama musim 2022/2023 berlangsung membuat seluruh bagian dari tim Juku Eja menjadi lebih kuat.

Euforia para Laskar Ayam Jantan di pelbagai daerah tampak menggelegar. Meskipun tidak semuanya menonton pertandingan secara langsung, namun kebersamaan dan rasa cinta akan klub kebanggaanlah yang membuat suasana pecah.

Selamat berbahagia di akhir pekan Laskar Ayam Jantan. Telah kembalinya titel juara Liga Indonesia setelah 23 tahun lamanya ke tanah Makassar. EWAKO!



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!