Film Ngeri-Ngeri Sedap akan wakili Indonesia di ajang Oscar 2023

Keren, Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Oscar 2023

Film Ngeri-Ngeri Sedap berhasil terpilih menjadi film yang mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang seleksi Oscar 2023.

Pemilihan ini digelar oleh komite di Indonesia ini beranggotakan sembilan tokoh perfilman lokal yakni Deddy Mizwar sebagai ketua, Zairin Zain selaku sekretaris, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi sebagai anggotanya.

Film bergenre komedi ini diajukan untuk masuk ke dalam kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award), si mana pengumumannya bakal digelar Academy Awards ke-95 pada acara Oscar 2023 yang diadakan pada 12 Maret tahun depan.

"Ngeri - Ngeri Sedap" menjadi film kedua bergenre komedi dari Indonesia yang dipilih Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

Untuk memilih film yang bakal berkompetisi di Oscar nanti, komite menayangkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan, dimulai Senin (12/9) pagi hingga petang.

Komite juga bekerja dalam tenggat waktu sebulan, termasuk untuk penetapan film pilihan.

Setelah melalui diskusi, untuk tahun ini dipilihlah "Ngeri-Ngeri Sedap" yang dinilai mampu bersaing dengan film negara lain di Oscar 2023.

Deddy Mizwar, salah satu anggota menyebutkan komiter melakukan diskusi yang cukup intens dan akhirnya memilih Ngeri-Ngeri Sedap. Film ini dinilai mampu bersaing dengan film negara lain di Oscar 2023.   

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy Mizwar, dikutip dari Antara.

Sebagai informasi, setiap tahun Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi dialog non-inggris.

Tahun lalu, "Yuni" menjadi film yang terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar tahun lalu. Namun, film ini masih belum menyabet pialanya.

Indonesia sendiri telah mengikuti ajang Academy Awards untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987 dengan film "Nagabonar".

Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film komedi yang disutradari oleh Bene Dion Rajagukguk dan dimainkan apik oleh sejumlah artis Tanah Air, seperti Boris Bokir, Tika Panggabean, Lolox, Arswendi Nasution dan lainnya. 

Film yang sukses memboyong 3 juta penonton itu berlatar belakang kehidupan keluarga Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern. 

Berkisah tentang pasangan Pak Domu (Arswendy Bening Swara) dan Mak Domu (Tika Panggabean) yang tinggal bersama anak perempuan mereka, Sarma (Gita Bhebhita). Pak Domu dan Mak Domu ingin sekali tiga anak mereka, yakni Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox), dan Sahat (Indra Jegel), yang sudah lama merantau, pulang untuk menghadiri acara adat.

Namun, ketiganya menolak pulang karena hubungan mereka tidak harmonis dengan Pak Domu. Pak Domu dan Mak Domu akhirnya berpura-pura bertengkar dan ingin bercerai demi mendapatkan perhatian dari anak-anak mereka.

Wah keren ya, film Ngeri-Ngeri Sedap akan mewakili Indonesia di Oscar 2023. (*)

 

 



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!