Merayakan Danau Toba dalam Google Doodle! Temukan pesona alam Indonesia dengan danau kawah terbesar di dunia yang kini menjadi Global Geopark UNESCO.
Danau Toba di Google Doodle (Foto: Tangkapan layar Google.com)

Hai, sobat Ngepop! Ada kabar seru nih dari Google Doodle yang bikin kita semua tertarik. Hari ini, Kamis 31 Agustus 2023, kita semua bisa melihat Danau Toba menghiasi halaman utama Google. Penasaran, kan? Judulnya "Merayakan Danau Toba" dan Google punya alasan khusus buat merayakan danau megah yang satu ini.

Jadi gini, Danau Toba itu sebenarnya adalah danau hasil dari letusan gunung berapi super duper besar yang terjadi ribuan tahun lalu. Kalian nggak akan percaya kalau danau ini adalah danau kawah terbesar se-dunia dan salah satu danau terdalam di dunia juga loh! Nggak heran sih, karena letusan dahsyat dari gunung berapi dulu bikin ruang magma ampe runtuh, jadilah danau cantik ini. Keren banget kan?

Danau Toba ini nggak hanya punya ukuran yang bikin kita terpana, tapi juga punya pemandangan yang luar biasa indah. Makanya gak heran kalau UNESCO memberikan penghargaan kece ini ke Danau Toba dengan nge-set dia jadi Global Geopark UNESCO. Jadi, udah tiga tahun sejak Danau Toba masuk ke daftar warisan dunia yang diakui secara internasional.

Kalau kamu ke sana, pasti bakal melongo deh lihat besarnya danau ini. Luasnya lebih dari 1.145 kilometer persegi dan dalamnya sampai 508 meter! Mirip-mirip kayak laut gitu deh. Dan yang bikin makin unik, di tengah Danau Toba ada Pulau Samosir.

Pulau ini gede banget, seluas 630 kilometer persegi, lho. Nah, di tengah Pulau Samosir ini ada dua danau lagi, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Bayangin aja, danau di tengah pulau, dan pulau di tengah danau. Serasa bercanda dengan teka-teki alam!

Ilustrasi Danau Toba. (Foto: Dok Disparpora Kabupaten Humbang Hasundutan via Detik.com )

Dan tau nggak? Letak Danau Toba ini tuh ada di atas 900 meter dari permukaan laut. Jadi, udah pasti udaranya sejuk banget dan pemandangannya bikin hati adem. Selain itu, di sekitar Danau Toba ini ada puluhan air terjun, lho!

Ada yang namanya keren-keren kayak air terjun Situmurun, Sipiso-piso, dan Sigura-gura. Beneran deh, liburan ke Danau Toba ini tuh kaya petualangan alam yang nggak bakal terlupakan.

Gimana, tertarik nggak buat berkunjung ke Danau Toba? Makin spesial dengan statusnya sebagai Global Geopark UNESCO. Udah kayak bintang di dunia pariwisata gitu, deh! Selain buat pariwisata, tentu aja ini juga punya manfaat besar buat masyarakat sekitar. Danau Toba semakin dikenal dunia, dan semakin banyak yang bakal tertarik datang dan mengenal budaya lokalnya.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merayakan Danau Toba bareng Google Doodle hari ini. Ini adalah momen yang nggak boleh dilewatkan, karena Danau Toba memang kekayaan Indonesia yang nggak bisa dianggap enteng. Ayo, kita dukung terus upaya pelestarian dan promosi keindahan alam Indonesia! (*)

Danau Toba. (Foto: Kemenparekraf.go.id)


What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!