Puasa memberi manfaat, termasuk bagi penderita diabetes.
Ilustrasi Tips puasa aman bagi penderita diabetes. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel)

Puasa Ramadhan wajib dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali buat mereka yang menderita diabetes. Perlu kamu tahu juga, diabetes tidak hanya menyerang mereka yang usia tua tapi juga kalangan muda lho.

Menurut Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH dari Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, puasa bagi penderita diabetes memerlukan persiapan yang baik. Lantas, apa saja yang mesti dilakukan? Berikut tips puasa yang aman buat penderita diabetes ala dr Syifa.

1. Mengatur jadwal makan 

Penderita diabetes saat puasa perlu mengatur jadwal makan, baik saat sahur dan berbuka. Konsumsi makanan yang sehat serta bergizi pada saat sahur dan berbuka. Hindari makanan terlalu manis atau terlalu berlemak. Pilih makanan dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleks. Seperti nasi merah, roti gandum, dan sayuran.

2. Menghindari mengonsumsi makanan tinggi gula 

Penderita diabetes perlu menghindari konsumsi makanan tinggi gula. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen, kue manis, minuman manis, atau makanan cepat saji. Konsumsi makanan gula rendah atau sedang seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, sereal.

3. Cukup minum air putih 

Penderita diabetes perlu mengonsumsi air putih cukup selama puasa. Minumlah air putih cukup untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan gula darah. Hindari minuman  mengandung kafein seperti teh serta kopi yang dapat membuat Anda lebih mudah merasa dehidrasi.

4. Menghindari aktivitas fisik berlebih 

Aktivitas fisik berlebihan dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan menyebabkan rasa lelah yang berlebihan. Hindari aktivitas fisik berat seperti olahraga terlalu intens selama puasa. Lakukan aktivitas fisik ingan seperti berjalan-jalan atau yoga.

5. Memperhatikan kadar gula darah secara teratur 

Penderita diabetes perlu memantau kadar gula darahnya secara teratur selama puasa. Hal ini penting untuk mengetahui apakah gula darahnya stabil atau tidak. Perhatikan juga gejala-gejala hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah seperti pusing, sakit kepala, keringat dingin. 

Jika mengalami gejala hipoglikemia, segera makan atau minum sesuatu yang mengandung gula seperti buah atau minuman mengandung gula.

6. Mengonsumsi obat dengan baik 

Penderita diabetes perlu memperhatikan penggunaan obat-obatan selama puasa. Jangan mengubah dosis atau jadwal konsumsi obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika memerlukan penyesuaian dosis obat, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Konsisten diet dan olahraga 

Penderita diabetes perlu tetap konsisten pada program diet dan olahraga selama puasa. Jangan melupakan program diet dan olahraga yang sudah direncanakan sebelumnya. Pastikan untuk makan makanan yang sehat serta melakukan aktivitas fisik yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

dr Syifa juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa. "Puasa sehat bagi penderita diabetes adalah puasa yang tetap menjaga kesehatan tubuh, menjaga kadar gula darah stabil. Mari kita jalankan ibadah puasa dengan bijak dan sehat," ujar dia.

Itulah tips puasa yang aman bagi penderita diabetes. Harapannya, semua bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. (*)

Artikel ini telah tayang di TIMES Indonesia dengan judul Tips Puasa Sehat tanpa Waswas bagi Penderita Diabetes



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!