Tips menjaga stamina untuk menunjang kegiatan sehari-hari agar tubuh tetap sehat.

Menjaga stamina merupakan hal penting bagi setiap orang. Dengan stamina yang bagus, tentunya bisa memaksimalkan kegiatan sehari-hari. Selain itu, kualitas stamina menjadikan seseorang lebih fokus.

Namun, apabila tidak bisa menjaga stamina dengan baik, dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Salah satunya adalah kelelahan. Kelelahan merupakan kondisi tubuh yang tidak bertenaga karena aktivitas yang tinggi yang dapat menurunkan stamina.

Menurunnya stamina bisa menimbulkan rasa malas, sehingga kita harus meningkatkan stamina untuk mengurangi hal-hal yang menyebabkan kurang maksimalnya kita dalam beraktivitas, ditambah lagi dengan cuaca yang unstandable. Berikut sedikit tips untuk kita agar stamina terjaga.

1. Mengonsumsi Buah Pisang

1. Mengonsumsi Buah Pisang FOTO: Freepik/KamranAidinov

Buah pisang sudah tidak asing ditelinga, bahkan buah ini mudah ditemukan disekitar kita. Menurut kementerian kesehatan Indonesia, pisang merupakan sumber karbohidrat dan vitamin A. Kandungan yang terdapat pada pisang tersebut penting agar tubuh kita tetap bugar. Selain itu, pisang bisa menjaga kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Karena kandungan vitamin A, C, dan B6 memompa tubuh agar tidak cepat lemas.

2. Mengonsumsi Madu

2. Mengonsumsi Madu Foto: Unair News

Kalau mendengar madu, apa yang terlintas dipikiran kita? Manis, lebah, atau istri banyak. Nggk lah ya, madu ini termasuk jenis makanan yang dikenal manis dan kental. Selain manis dan kental, madu bisa meningkatkan imunitas tubuh. Karena madu memiliki senyawa bernama fitonutrien untuk memperkuat sel-sel imun dalam tubuh.

3. Olahraga Teratur

3. Olahraga Teratur Foto: lifestyle kompas.com

Olahraga merupakan aktivitas fisik dan salah satu pelajaran yang banyak disukai di sekolah. Entah karena antusias berolahraga atau yang lain. Tapi, yang terpenting olahraga mampu menjaga tubuh bugar khususnya bagi lansia. Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jalan santai atau bersepeda sambil menikmati pemandangan.

4. Tidur Yang Cukup

4. Tidur Yang Cukup Foto: kompas.com

Yang terakhir ini juga tak kalah penting karena masih banyak orang yang menyepelekannya. Manusia butuh tidur untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dari kegiatan yang menguras tenaga. Waku tidur juga disesuaikan dengan usia seseorang. Bayi butuh tidur kurang lebih 16 jam per hari, remaja butuh tidur 9 jam per hari, dan orang dewasa membutuhkan tidur kurang lebih 7-8 jam per hari. Dikutip dari kementerian kesehatan, bahwa orang yang mabuk memiliki hasil lebih baik ketika dites dengan simulator mengemudi atau tugas koordinasi dengan mata dan tangan dibandingkan orang yang kurang tidur. (*)

Keterangan foto: Ilustrasi tips menjaga stamina. (Sumber: Freepik)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!