Liburan keluarga menjadi momen menyenangkan Mengunjungi berbagai tempat bareng orang terkasih.
Ilustrasi. Liburan bersama keluarga. (Foto: Zurich.co.id)

Merencanakan liburan bareng keluarga dengan biaya terbatas bisa menjadi tantangan tersendiri. Meski begitu, Anda bersama keluarga tetap bisa menyiasatinya sehingga biaya liburan sekeluarga tetap hemat.

Agoda, platform perjalanan terkemuka, memiliki tujuh tips merencanakan liburang bersama keluarga dengan anggaran yang lebih hemat. 

1. Gunakan harga paket "pesawat + hotel" untuk menghemat

Alokasi anggaran untuk penerbangan saja memang cukup besar. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membeli paket pesawat dengan akomodasi sekaligus. Menurut Agoda, ini menjadi cara terbaik untuk menghemat harga tiket pesawat. Dengan membeli paket tersebut, Anda dapat mendapatkan diskon tambahan, sehingga Anda memiliki lebih banyak dana untuk kegiatan lain yang menyenangkan di tempat tujuan. Agoda telah menyediakan tab khusus "Pesawat + Hotel" yang memungkinkan Anda mencari penawaran paket terbaik untuk destinasi yang diinginkan.

2. Mulailah hari dengan sarapan yang sehat (dan gratis)

Membeli sarapan setiap hari saat berwisata kerap menimbulkan kekhawatiran atas pengeluaran yang membengkak. Oleh sebab itu, pesanlah akomodasi yang sudah termasuk paket sarapan. Cara ini bisa menghemat banyak uang, dan Anda dapat menikmati sarapan yang sehat tanpa perlu khawatir akan biaya tambahan.

3. Berburu diskon

Platform perjalanan seperti Agoda biasanya memberikan potongan harga khusus untuk hari-hari tertentu, seperti double days (tanggal kembar), pay-day (hari gajian), upcoming holidays (liburan mendatang), dan banyak lagi. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan diskon yang menguntungkan. Periksa situs web Agoda secara rutin atau langganan newsletter mereka untuk mendapatkan informasi tentang penawaran diskon terbaru.

4. Memesan akomodasi refundable atau tidak

Jika Anda dan keluarga memiliki tanggal perjalanan pasti, seperti masa liburan sekolah, maka Anda bisa melakukan penghematan dengan memilih akomodasi non-refundable (tidak dapat diuangkan kembali) yang tentunya lebih murah. Dalam hal ini, pastikan Anda sudah yakin dengan jadwal perjalanan Anda. Untuk memanfaatkan trik ini di Agoda, Anda dapat menggunakan filter yang menampilkan akomodasi refundable.

5. Pilih penginapan yang terasa seperti di rumah sendiri

Saat liburan bersama keluarga, alangkah lebih baik jika Anda memilih akomodasi yang cocok untuk semua anggota keluarga. Alih-alih memesan beberapa kamar hotel, lebih baik pesan satu rumah atau villa. Selain lebih nyaman, cara ini juga lebih hemat karena Anda dapat berbagi biaya akomodasi dengan anggota keluarga yang lain.

6. Temukan destinasi terbaik di dalam negeri

Selain menghemat biaya penerbangan ke luar negeri dan visa, liburan di dalam negeri juga memberikan manfaat lainnya, yaitu meningkatkan kebanggaan nasional melalui pengenalan terhadap budaya lokal. Saat memilih destinasi lokal, pertimbangkan tempat wisata hidden-gem yang memberikan pengalaman berbeda dari lokasi yang sering dikunjungi orang lain. Opsi lain adalah memilih destinasi bernuansa alam, yang memungkinkan keluarga menghemat pengeluaran dibandingkan berlibur di perkotaan.

7. Temukan keseruan petualangan dengan pemesanan di awal

Untuk tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi, Anda dapat terlebih dulu memesan tiket secara daring untuk menghemat biaya dan mempercepat perjalanan petualangan Anda bersama keluarga. Dengan memesan tiket di awal, Anda dapat menghindari antrean panjang dan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. (*)

*Artikel ini tayang di Antara dan TIMES Indonesia



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!