Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (Gerd) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan.

7 Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Asam lambung akan sangat mengaggu jika kambuh. Penyakit ini disebut juga gastroesophageal reflux disease (Gerd), merupakan kondisi saat asam lambung naik ke kerongkongan hingga menimbulkan rasa terbakar di dada (heartburn).

Gejala asam lambung bisa berupa sering bersendawa, mual muntah, sesak napas, serta mulut yang terasa asam.

Selain minum obat yang telah diresepkan oleh dokter, pengidap asam lambung juga perlu untuk mencegah kambuhnya penyakit ini. Salah satu caranya dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi minum-minuman yang aman.

Berikut rekomendasi minuman yang aman dikonsumsi untuk meringankan gejala asam lambung. 

1. Susu Kacang Kedelai

1. Susu Kacang Kedelai sumber: freepik

Berdasarkan penelitian, susu kacang kedelai memiliki tingkat lemak yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan susu hewani, misalnya susu sapi.

Karena kandungan lemaknya yang rendah, susu yang tergolong non-dairy ini tidak akan memicu penyakit asam lambung jika dikonsumsi. Selain itu, susu kedelai juga kaya akan protein dan kalsium yang dapat menetralkan asam lambung. Bisa juga mengonsumsi susu almond untuk alternatif lain.

2. Teh Herbal

2. Teh Herbal sumber: freepik

Tidak semua teh mengandung kafein ya. Contohnya teh herbal dari bunga seperti chamomile, dam akar manis atau licorice, hingga teh jahe. 

Karena tidak mengandung kafein, teh ini aman dikonsumsi penderita asam lambung.

Teh akar manis misalnya, yang dapat meningkatkan lapisan lendir di kerongkongan sehingga gejala asam lambung dapat diredakan.

Begitu pula dengan teh jahe yang dapat menenangkan asam lambung dan dapat menurunkan produksi asam lambung.

Meski demikian, hindari teh herbal dengan mint ya. Sebab pappermint yang terkandung dalam teh mint justru dapat memicu asam lambung.

3. Jus Buah

3. Jus Buah sumber: wallpaperaccess.com

Konsumsi jus buah bisa mengatasi asam lambung. Namun, tidak disarankan dari buah yang memiliki kandungan asam yang tinggi, seperti jeruk, apel, dan nanas. Buah yang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung yakni pisang, bit, pepaya, pir dan juga semangka.

4. Air Putih

4. Air Putih sumber: freepik

Air putih memang terlihat sederhana. Namun, minuman ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk penderita asam lambung. Secara umum, air putih memiliki kadar pH air yang cenderung netral atau mencapai angka 7. Namun, tidak menutup kemungkinan jika air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang dikonsumsi.

5. Air Kelapa

5. Air Kelapa sumber: freepik

Seperti yang dilansir dari Food NDTV, minum air kelapa menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang begitu banyak. Kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti natrium, kalium dan magnesium. Air kelapa adalah minuman yang bagus dikonsumsi untuk rehidrasi yang meninggalkan efek pendinginan. Kandungan kalium air kelapa cukup baik untuk menyeimbangkan asam pada lambung.

6. Susu Rendah Lemak atau Susu Skim

6. Susu Rendah Lemak atau Susu Skim sumber: freepik

Susu sapi memang sulit bagi sebagian orang untuk dicerna, karena mengandung banyak lemak. Seperti makanan berlemak tinggi, susu sapi berlemak penuh pun dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung naik. Namun, jika harus memilih produk susu sapi, maka pilihlah yang rendah lemak atau low fat.

7. Yoghurt

7. Yoghurt sumber: freepik

 

Dilansir dari Medical News Today, produk susu seperti yoghurt dapat mengurangi gejala refluks asam lambung. Kandungan bakteri asam laktat di dalamnya dapat menenangkan lambung, sehingga bisa memberi efek nyaman pada penderita asam lambung.

Namun, dalam mengonsumsi yoghurt harus sesuai kebutuhan. Jika mengonsumsi yoghurt secara berlebihan, apalagi dalam keadaan perut kosong, maka dikhawatirkan akan menyebabkan peningkatan asam lambung pada tubuh.

Selain mengonsumsi minuman di atas, penderita asam lambung juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu kenaikan asam lambung, seperti merokok, minum alkohol, kopi, minuman bersoda, termasuk tidur setelah makan.

Jika cara tersebut tidak berefek apapun dalam meredakan gejala asam lambung, jangan menunda untuk segera berkonsultasi ke dokter. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!