Rasa lapar menjadi musuh utama saat sedang diet. Masalah ini bisa diatasi dengan asupan makanan yang tepat.

Semua orang pasti pernah merasakan banyak makan tapi tidak merasa kenyang. Jika merasakan hal in cobalah untuk memperhatikan asupan makananmu. 

Melansir dari Medical News Today, ada makanan yang bisa dikonsumsi sedikit dan membuat rasa kenyang. Hal ini sangat cocok bagi kamu yang sedang diet.

Berikut beberapa makanan yang membuat seseorang mudah kenyang saat dikonsumsi.

 

1. Kacang-kacangan

Dalam sebuah jurnal Advanced in Nutrition pada 2010, dikatakan mengonsumsi kacang-kacangan dapat mengatur asupan kalori dan membuat seseorang mudah kenyang. Tinjauan sistematis 2014, dalam jurnal Obesity, ditemukan bukti kacang-kacangan akan membuat seseorang mudah kenyang pada makanan berikutnya.

Kacang yang mengenyangkan seperti kacang polong, buncis, dan lentil menjadi makanan yang mudah dicerna serta kandungan protein dan serat yang tinggi.

2. Kentang Rebus

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition & Metabolism, peserta yang memakan kentang cenderung lebih mudah kenyang dan tidak nafsu makan dibandingkan lauk lainnya.

Kentang rebus dapat menjadi makanan yang membuat seseorang cepat kenyang. Kentang rebus sendiri kaya akan pati, vitamin C, dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

3. Produk Susu Rendah Lemak

Dalam studi di jurnal Appetite, yogur Yunani berpotein tinggi dapat mengurangi rasa lapar pada seseorang dan membuatnya cepat kenyang. Produk susu rendah lemak juga membantu mengurangi seseorang untuk mengonsunsi makanan dalam jangan pendek.

Makanan dengan serat tinggi dapat memberikan rasa kenyang pada seseorang. Dalam studi pada 2014, makanan berserat dapat memberikan rasa kenyang. Makanan berserat juga membantu mengontrol gula darah dan kolesterol. Berbagai makanan berserat tinggi ini seperti, gandum, kacang-kacangan, wortel, bit, pisang, jeruk, dan lain-lain.

5. Telur

Telur mengandung protein, vitamin, dan mineral yang berdampak baik bagi tubuh. Mengonsumsi telur juga akan membantu mengurangi rasa lapar pada seseorang.

Sebuah studi dari 2011 di International Journal of Food Sciences and Nutrition juga menunjukkan, orang yang memakan telur memiliki tingkat kekenyangan yang lebih besar dibandingan makanan lain.

 

6. Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Daging ataupun ikan yang rendah lemak, dapat mengontrol nafsu makan seseorang. Makanan ini juga mendorong penurunan berat badan pada seseorang.

 

Ayo Poplover, coba 6 jenis makanan diet sehat ini.(*)



Petualang digital yang hobi menikmati kopi nusantara. Pemain game FPS dan Moba yang terjerumus dalam dunia pencatatan sejarah.

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!