Parkur atau Parkour mendapat tempat di Indonesia.
Ilustrasi Parkur. (Foto: Pexels/Histuan Horvath)

Olahraga parkur, yang berasal dari Prancis, telah menemukan tempatnya di Indonesia dengan kehadiran Brick Parkour Asian Tour 2023. Melansir Antara, Presiden Federation Internationale de Gymnastique (FIG), Morinari Watanabe, menilai bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi pemimpin dalam olahraga parkur di Asia Tenggara bahkan dunia.

Brick Parkour Asian Tour 2023 menjadi awal yang menjanjikan, dengan Indonesia menjadi tuan rumah pertama dari rangkaian acara ini. Tour ini juga akan mengunjungi negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina, menunjukkan bahwa Indonesia adalah panggung utama dalam perjalanan olahraga parkur di kawasan ini.

Morinari Watanabe menyatakan keyakinannya bahwa parkur memiliki potensi menjadi disiplin Olimpiade di masa depan. Indonesia, menurutnya, telah memilih jalur yang tepat untuk mengembangkan olahraga ini.

Pernyataan serupa juga datang dari atlet parkur internasional, Javier Rodriguez Alvarez, yang menggarisbawahi potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan olahraga parkur.

Javier melihat bahwa Indonesia memiliki keuntungan unik dalam pengembangan parkur. Salah satunya adalah iklim tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Hal ini berbeda dari tempat-tempat lain di dunia yang memiliki empat musim. Javier mengamati bahwa kondisi iklim ini memberikan keunggulan bagi atlet untuk berlatih tanpa hambatan musim yang signifikan.

PB Persani (Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia) turut memainkan peran penting dalam pengembangan parkur di Indonesia. Melalui regulasi dan kerja sama dengan FIG, PB Persani menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi para atlet parkur yang ingin berprestasi lebih tinggi.

Dengan potensi yang dimiliki Indonesia dalam olahraga parkur, langkah-langkah menuju puncak prestasi tampak semakin dekat. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!