Indonesia menunjukkan kembali taringnya dalam kompetisi sepak bola.

Persepakbolaan Indonesia kian menunjukkan taringnya. Tahun 2023 adalah tahun paling bersejarah dan ditunggu, bukan hanya oleh penggemar sepak bola namun juga oleh seluruh masyarakat tanah air. Pasalnya, pada 2023 ada tiga event sepak bola besar yang akan diikuti oleh Timnas Indoensia, yakni Piala Asia, Piala Dunia U-20, serta Piala Asia timnas senior.

Indonesia juga berkesempatan untuk menjadi tuan rumah pada gelaran Piala Dunia U-20. Untuk persiapan, saat ini  PSSI telah menyiapkan enam stadion, meskipun FIFA hanya meminta lima saja. Terkait fasilitas, pada bulan Juni kemarin perwakilan FIFA sudah melakukan kunjungan ke Indonesia. Mereka terkesan atas persiapan Indonesia menyambut gelaran pesta sepak bola terbesar usia 20 ke bawah ini.

Adapun venue yang sudah dipersiapkan Indonesia di antaranya:

  • Gelora Bung Karno (Jakarta)
  • Si Jalak Harupat (Bandung)
  • Manahan (Solo)
  • Gelora Bung Tomo (Surabaya)
  • Kapten I Wayan Dipta (Gianyar)
  • Jakabaring (Palembang)

1. Piala Asia

1. Piala Asia Kegembiraan setelah 17 tahun timnas senior Indonesia absen dalam Piala Asia (Sumber: Pikiran-Rakyat.com)

Tentu saja kesempatan Timnas Indonesia untuk turut serta dalam tiga event tersebut tidaklah mudah.

Indonesia akan tampil dalam dua Piala Asia. Untuk Piala Asia U-20 berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023. Sedangkan Piala Asia untuk timnas senior belum dikonfirmasi oleh FIFA sehubugan dengan tuann rumah yang menggantikan  China.

Untuk Piala Asia timnas senior, Indonesia harus berjuang keras melalui babak kualifikasi bersama 23 tim lainnya untuk memperebutkan 11 slot tersisa.

Sedangkan 13 tim lainnya sudah memastikan diri tampil pada Piala Asia melalui putaran kedua Piala Asia, di antaranya: China (tuan rumah), Suriah (Juara Grub A), Australia (Juara Grup B), Iran (Juara Grup C), Arab Saudi (Juara Grup D), Qatar (Juara Grup E), Jepang (Juara Grup F), Uni Emirat Arab (Juara Grup G), Korea Selatan (Juara Grup H), Irak (Runner-up Grup C), Oman (Runner-up Grup E), Vietnam (Runner-up Grup G), Lebanon (Runner-up Grup H).

Timnas senior Indonesia berhasil lolos Piala Asia 2023 nanti dengan menjadi salah satu Runner-up terbaik. Bermain di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal, timnas Indonesia mampu mengemas 6 poin. Hal membanggakan lainnya adalah timnas Indonesia menjadi tim yang mencetak gol terbanyak dalam satu laga. Kala itu Indonesia mampu melibas Nepal tujuh gol tanpa balas.

Yang terbaru adalah timnas Indonesia U-20 yang lolos ke Piala Asia U-20 di Uzbekistan. Indonesia masuk ke putaran final Piala Asia U-20 setelah menjuarai Grup F, lalu diikuti Vietnam sebagai Runner-upnya yang juga lolos.

Indonesia berhasil mengemas sembilan poin dari tiga laga, diantaranya melawan Vietnam, Timor Leste, dan Hongkong.

2. Tuan Rumah Piala Asia

2. Tuan Rumah Piala Asia Timnas Indonesia lolos putaran final Piala Asia U-20 usai menjadi juara Grup F (Sumber: afcasiancup/Instagram)

Kini telah dikonfirmasi bahwa China mengundurkan diri sebagai tuan rumah dan partisipan Piala Asia 2023 karena wabah Covid-19 yang tengah merebak kembali di Negeri Seribu Bambu tersebut. Ada tiga kandidat terbaru yang bersaing dalam bidding tuan rumah Piala Asia 2023, di antaranya adalah Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar.

Indonesia jika dibandingkan dengan dua negara pesaingnya adalah yang terlemah. Pasalnya, seperti Qatar yang memiliki dukungan penuh oleh pemerintahnya dan mendapat banyak suara di AFC. Qatar pun akan menjalani Piala Dunia sebagai tuan rumah tahun ini. Lalu ada Korea Selatan yang memiliki pengalaman ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002, serta sokongan yang masif dari segala sisi oleh pemerintahnya.

Kendati demikian Indonesia tetap berani mencalonkan diri, berkaca dari gelaran Piala Dunia U-20 sebagai tuan rumah. Sekalipun tidak lolos verifikasi tuan rumah Piala Asia pada 2023 menggantikan China, masyarakat tanah air tetap bangga karena timnas tercinta akan berlaga pada 3 event besar sepak bola dan ini menjadi pembuktian kualitas timnas Indonesia yang mampu bersaing dengan dunia dalam sepak bola.

Logo Piala Dunia U-20 di Indonesia (Sumber: detik.com)

Logo Piala Dunia U-20 di Indonesia (Sumber: detik.com)

3. Piala Dunia U-20

Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-20 lolos otomatis dan juga masuk pot pertama. Kompetisi ini dijadwalkan akan bergulir pada 20 Mei-11 Juni 2023

Melansir dari bola.net sebanyak 24 tim akan berpartisipasi dalam perhelatan akbar sepak bola under 20 ini. Pembagian kontestan per zona terdiri dari lima AFC (Asia), empat CAF (Afrika), empat CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Karibia), empat CONMEBOL (Amerika Latin), dua OFC (Oceania), dan lima UEFA (Eropa).

FIFA telah resmi meluncurkan maskot bagi Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia. Bacuya dipilih sebagai mascot Piala Dunia U-20 yang merupakan hewan khas Indonesia yakni, Badak Jawa, yang populasinya sudah terancam punah.

Dalam video rilisan FIFA tersebut Nampak Bacuya sedang mengenakan baju berwarna perah dengan tulisan ‘Indonesia’ di bagian dada. Lalu Nampak celana berwarna putih dengan nomor 23, menunjukkan gelaran ke-23 Piala Dunia U-20.

Saat ini fokus utamanya tinggal pada kualitas rumput yang perlu diperbaiki.

“Kami sekarang sedang mempersiapkan renovasi-renovasi yang masih kurang terutama rumput,” kata Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan (Sumber: kontan.co.id).



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!