Menjadi salah satu bacaan di kala santai, apa sih sebenarnya fiksi metropop itu?

Disajikan dengan bahasa yang sederhana, fiksi metropop diartikan sebagai karya sastra yang mengangkat kisah tentang kehidupan masyarakat di kota metropolitan. Fiksi jenis ini banyak disukai di kalangan usia muda karena dianggap relate dengan kisah banyak orang. Metropop menjadi bacaan fiktif yang mulai popular di tahun 2010-an dan mendapatkan banyak penggemar hingga sekarang. Mau tahu lebih dalam tentang metropop? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Teenlit vs Metropop

Meskipun terkesan mirip, sebenarnya teenlit dan metropop adalah dua hal yang berbeda. Khususnya tentang target pasar. Teenlit menjadi bacaan yang paling digandrungi remaja berusia 13-21 tahun, sedangkan metropop yang mengangkat kehidupan yang lebih dewasa berada di rentang 25-45 tahun. Perbedaan lain juga terdapat pada ciri khas tema yang diangkat. Teenlit kerap kali membawakan cerita mengenai kehidupan sekolah dan perkuliahan, sedangakan metropop, sesuai dengan namanya, lebih fokus pada keluh kesah dunia kerja. Meski keduanya mengandung bumbu-bumbu romansa, tentunya cara penyampaiannya akan berbeda. 

Spoiler Dunia Kerja

Bagi kalian yang masih berada di usia remaja, fiksi metropop adalah jawaban yang tepat untuk memberikan pengetahuan tentang dunia kerja. Karakter-karakter yang disuguhkan di novel metropop biasanya memiliki pola yang hampir sama. Bekerja di kota besar, mempunyai banyak cicilan yang harus dibayar tiap bulan, dan masalah percintaan. Beberapa novel metropop juga membawakan suatu pekerjaan yang spesifik hingga memberikan informasi kendala-kendala yang dialami tokoh di tempat kerjanya. Seperti novel karya Soraya Nasution yang berjudul Progresnya Berapa Persen? yang menceritakan tentang kehidupan seorang konsultan di bidang konstruksi. 

Realistis

Satu perbedaan mencolok antara metropop dengan chicklit atau teenlit adalah ending. Meskipun bermakna fiksi, metropop lebih mengangkat kisah realistis yang pasti banyak dialami oleh pembacanya. Hal ini dikarenakan sifat tulisan yang lebih dewasa dan memberikan gambaran nyata tentang bagaimana kehidupan di usia itu sendiri. 

Buat kamu yang cocok dengan penjelasan di atas, yuk mulai baca novel fiksi metropop!



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!