"Dengan kerja keras dan terampil, hidup kita hari ini akan lebih baik dari hari kemarin," tulis Jokowi dalam momen peringatan Hari Buruh Internasional.
Sebuah karangan bunga yang didedikasikan pada May day. (Foto: pinterest)

Selamat Hari Buruh Internasional! Momen setahun sekali ini patut dikhidmati seksama. Diperingati sebagai May Day setiap 1 Mei, Hari Buruh Internasional menjadi salah satu tanggalan merah di Indonesia.

Hari Buruh sendiri memiliki makna penting dibaliknya. Peringatan ini selalu memberi suntikan terhadap pelaku pembangunan negeri.

Menyiratkan simbol perjuangan untuk kemerdekaan, demokrasi, dan pekerja di seluruh dunia. Euforia hari momentual ini sudah terasa sebelum hari ini tiba. Dengan banyaknya kegiatan yang berlatar belakang Hari Buruh.

Presiden RI Ucapkan Selamat Hari Buruh

Sebagai kepala negara, tentunya Presiden Joko Widodo selalu disorot dalam setiap hari penting.

Tak kelupaan, Jokowi dalam unggahan terbarunya di akun instagram official @jokowi menyematkan sebuah poster ucapan May Day.

Orang nomor satu Republik Indonesia (RI) ini menyampaikan sebuah pesan penting. Jokowi berharap bahwa May Day ini menjadi titik kebangkitan setelah pemerosotan ekonomi pasca pandemi.

"Dengan kerja keras dan terampil, hidup kita hari ini akan lebih baik dari hari kemarin," tulis Jokowi.

Lanjut keterangan pada judul halaman tersebut, mantan Wali Kita Solo itu menambahkan harapannya. 

"Pandemi global telah melandai, perekonomian pun bergerak lagi. Bersama para pekerja yang telah bergiat sejak pagi, kita membangun usaha, membahagiakan keluarga, dan memajukan bangsa." keterangan dalam unggahan instagram Jokowi.

Sejarah Peringatan May Day

Melansir dari suara.com, hari internasional yang diperingati setiap 1 Mei ini bermula sebagai peringatan hari perubahan musim di belahan bumi utara.

Seiring berjalannya waktu, sebuah demonstasi besar-besaran meledak di Amerika Serikat. Para pekerja yang tergabung dalam serikat buruh setempat melancarkan aksi demo. 

Kejadian ini dilatarbelakangi oleh jam kerja dan upah yang dinilai tidak sebanding.

Pada akhir abad ke-19, tepatnya pada tahun 1886, di negara bagian Chicago. Sebuah tragedi besar terjadi.

Kurang lebih ada sekitar 300.00 buruh yang melancarkan aksi. Unjuk rasa ini ditandai dengan mogok kerja masal, dengan dalih menuntut hak-hak kerja mereka.

Salah satu isi tuntunnya yakni pemberlakuan jam kerja maksimal 8 jam. Mengingat saat itu para buruh diharuskan bekerja kurun waktu 10-16 jam perhari. 

Dan juga akibat dari kelelahan setelah bekerja sangat keras, banyak buruh yang tumbang. Dan hal ini menjadi fenomena yang biasa bagi para petinggi perusahaan.

Berangkat dari kejadian ini, kemudian para buruh melangsungkan demi skala besar di Haymarket. Demo buruh ini awalnya berjalan kondusif, namun seiring memanasnya situasi kemudian terjadi bentrok dengan aparat kepolisian.

Tepatnya pada tanggal 3 Mei 1886, berlokasi di McCornick Reaper Works. Tak mau surut, arus massa demonstran berlanjut di Haymarket. Pada kesempatan itu, para demonstran memperjuangkan nyawa rekan-rekan mereka yang tewas di tangan aparat. 

Ditengarai menolak tuntutan, demo ini dibubarkan paksa oleh pihak kepolisian. Sesaat kemudian ada oknum yang tiba-tiba melemparkan sebuah bom yang tidak diketahui asal lemparannya.

Sontak suasana menjadi tidak terkendali. Hingga memakan korban jiwa sebanyak 8 orang dari kalangan pendemo dan 7 orang dari pihak aparat.

Buntut dari pecahnya tragedi di negara bagian Amerika Serikat ini, kemudian mengundang perhatian internasional. Sebuah kongres untuk pertama kalinya digelar menanggapi peristiwa berdarah ini.

Tepatnya pada tahun 1889 di Paris, The International Socialist Conferences digelar.

Atas serangkaian peristiwa internasional inilah, kemudian setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai International Worker Day atau May Day.

Besar harapan kami sebagai warga sipil yang memiliki hak kewarganegaraan, untuk bisa hidup sejahtera. Terutama bagi para kaum pembangun negeri. (*)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!