Ketika semangat belajar turun kita perlu meningkatkannya, salah satunya dengan menonton film 3 idiots yang mampu membangkitkan kepercayaan diri dalam belajar.

Mengapa kita malas belajar hari ini? Apakah kita takkan menyesalinya nanti? Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang dan terus menerus. Menurut beberapa orang, ini mungkin kegiatan yang membosankan. Padahal, belajar itu penting untuk perkembangan diri maupun keberlangsungan ilmu pengetahuan. Tak bisa dipungkiri kalau memang manusia memiliki rasa malas dan bosan bahkan merasa tak bersemangat sama sekali.

Untuk membangun semangat belajar lagi, kita perlu sesekali mencoba hal baru. Salah satunya dengan menonton film. Film merupakan salah satu hiburan visual yang banyak digemari. Dari film, kita bisa mengambil pesan-pesan atau bahkan mencontoh perilaku yang terkandung dalam film tersebut. Salah satu film yang mampu membangkitkan semangat belajar ketika sedang dalam keadaan down adalah Film 3 idiots.

Film 3 idiots adalah film Bollywood yang ditulis oleh Rajhukumar Hirani. Film ini disutradarai oleh Vindhu Vinod Chopra dan diperankan oleh artis ternama Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Jhosi, Kareena Kapoor, dan Boman Irani. Film ini dirilis pada 25 Desember 2009. Film yang berdurasi 170 menit dengan menggunakan bahasa Hindi ini terdaftar dalam Guinness World Records untuk rekor film box office bruto tertinggi film Bollywood.

Ini menjadi film yang cocok bagi kalian yang merasa putus asa dalam belajar. Karena film ini dimulai dengan sosok pemuda unik yang berkuliah di jurusan teknik . Bukan kampus biasa yang ditempati pemuda ini, tapi salah satu kampus yang bergengsi. Mereka mencari ilmu dengan lingkungan disiplin dalam menegakkan sistem aturan maupun pembelajaran. Aturan tersebut sudah berlaku sejak bertahun-tahun dan tidak ada satupun orang yang berani merubahnya.

Film yang dikemas dengan genre komedi dan drama ini menyindir praktik nyata dalam dunia perkuliahan. Dalam film ini mahasiswa dituntut untuk mendapat nilai bagus, lulus langsung kerja, dan kaya tanpa mempeduikan potensi lain yang ada pada diri mereka. Konsep seperti ini memang menguntungkan untuk mereka yang pintar, tapi jika hanya mementingkan kompetisi seperti ini, maka mahasiswa tidak bisa berkembang dan berpikir secara kreatif. Karena kompetisi tersebut, mahasiswa memilih mencontek tanpa memikirkan output untuk diri mereka sendiri.

Pesan yang disampaikan melalui 3 mahasiswa yang dikenal dengan julukan idiots ini, bahwa ilmu yang sesungguhnya adalah ilmu yang kamu pahami bukan yang kamu jiplak atau hanya menghafal kalimat dari buku. Ilmu tidak selalu disampaikan sesuai dengan buku, dalam artian baku dan hanya menghafal, tapi ilmu bisa disampaikan dengan bahasa yang sederhana. Untuk menuntut ilmu kita perlu kepercayaan terhadap diri kita sendiri dan mampu memahami kemampuan serta bisa memaksimalkannya.

Jika kita mau berusaha dan percaya terhadap kemampuan diri kita, kita akan mampu mendapatkan manfaat dari ilmu itu sendiri. Kesuksesan bisa diraih ketika kita mau berusaha dan percaya terhadap diri sendiri bahwa aku bisa. Cobalah berani melangkah tanpa takut omongan orang lain, ambil pesan penting yang ada dalam film 3 idiots untuk membantumu mulai melangkah. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!