Setelah 8 bulan sayembara logo Ibu Kota Nusantara (IKN) berlangsung, Presiden Joko Widodo meresmikan logo IKN terpilih.
Pohon Hayat sebagai bentuk visual Ibu Kota Nusantara. (Foto: jokowi/instagram)

Logo Ibu Kota Nusantara (IKN) terpilih telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023).

Diketahui bahwa terdapat sebuah sayembara untuk menentukan logo ibu kota baru Indonesia ini. Jokowi mengungkapkan jika logo ini dipilih langsung oleh rakyat.

“Jadi yang milih bukan presiden, hati-hati. Hati-hati, yang milih ini rakyat dan jumlahnya juga pemilihnya berapa tadi, 500-an ribu, jumlah juga yang tidak sedikit,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan tentang makna di balik logo IKN terpilih. Bertemakan ‘Pohon Hayat Nusantara’, logo baru ini diharapkan mampu menginspirasi IKN untuk menciptakan lingkungan hidup yang baru.

Melansir dari  Kompas, desainer logo pohon Hayat itu bernama Aulia Akbar. Seorang lulusan Institut Teknologi Nasional (ITENAS) yang saat ini menjabat sebagai co-founder POT Branding House.

Kebesaran yang digambarkan logo Pohon Hayat ini dimaknai sebagai cerminan Indonesia sebagai bangsa yang besar.

“Tadi ada New York, ada Washington DC, ada Sydney, ada Canberra. Ada di sini Jakarta, ada di sana Nusantara. Jadi ini negara besar, negara besar, bangsa besar,” ujar Jokowi

Dari lanjutan sambutan Jokowi, logo ini diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alan dan ekosistemnya.

Dalam hal ini, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menjelaskan bahwa logo IKN merupakan bentuk kontribusi masyarakat secara langsung. Dalam partisipasi persiapan dan pembangunan IKN.

”Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk membangun rasa memiliki yang kuat terhadap ibu kota kita Nusantara sebagai refleksi dari sebuah kota yang dibangun secara gotong royong oleh seluruh masyarakat Indonesia.” kata Bambang, mengutip dari Kompas.

Makna Logo Pohon Hayat Nusantara

Makna Logo Pohon Hayat Nusantara 5 finalis sayembara logo Ibu Kota Nusantara. (Foto: jokowi/instagram).

Putaran final sayembara logo IKN dimenangkan oleh Aulia Akbar dengan persentasi voting sebesar 26,6%, dari 4 kontestan lainnya, yakni: Agra Satria, dengan 25,7%, Dimas Fakhruddin dengan 17,7%, WIldan Ilham dengan 15,9%, dan Ismiaji Cahyono dengan 14,1%.

Sebagai informasi tambahan, sayembara pemilihan logo IKN dimulai sejak September 2022. Melalui pemilihan terbuka yang diperantarai Asosiasi Desain Grafis Indonesia. Yang merupakan mitra Otoritas IKN dalam pemilihan logo tersebut.

Melansir dari akun instagram official IKN, @ikn_id, melalui judul laman unggahan tersebut dijelaskan bagaimana esensi kehadiran logo Pohon Hayat ini.

“Melalui logo ini, Nusantara merepresentasikan visinya sebagai kota dunia untuk semua. Serta Nusantara yang menjadi sumber kehidupan juga rumah bagi berbagai keanekaragaman hayati di dalamnya.” tulis akun @ikn_id.

Sebuah poster digital menampilkan makna dibalik logo IKN. Terdiri dari 5 akar yang melambangkan Pancasila, 7 batangnya mewakili wujud pulau besar di Indonesia, dan 17 kembang mekar yang menjadi symbol kemerdekaan yang abadi.



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!