Kata siapa sepatu buatan lokal kalah saing dengan produk asing? Berikut daftar brand lokal terbaik.

Gaya hidup atau yang biasa kita sebut dengan lifestyle adalah kebutuhan tersier yang sangat diperhitungkan. Kalangan muda-mudi seakan sepakat bahwa tampil kece itu diperlukan. Tentunya dalam ber-fahsion harus memastikan kecocokan antar item, mulai dari atas hingga bawah. Baik dari gradasi warna ataupun jenis bahan dan model itemnya.

Bukan hanya soal baju dan celana, melainkan sepatu. Barang satu ini seakan memiliki pesona tersendiri.

Bicara soal gengsi, sepatu dengan brand luar negeri tentu akan lebih menambah kepercayaan diri. Selain karena desain sepatu yang trendi, juga memiliki nama brand yang populer di seantero dunia.

Mulai dari model klasik seperti Converse hingga modern seperti Balenciaga. Seiring dengan popularitas tinggi, tak jarang ada kompetitor nakal yang menjual produk sepatu populer KW (palsu) dengan harga rendah. Tentunya ini akan menjatuhkan nilai pasar suatu brand. Berdampak pada kerugian pihak brand, hingga berujung ke meja hijau.

Tentunya kita ingin memiliki sepatu dengan kualitas orisinil. Selain orisinalitas, harga yang murah juga menjadi tujuan utama. Tak perlu jauh-jauh melihat sepatu bagus luar negeri. Brand sepatu dalam negeri tak kalah menarik dan berkualitas. Bahkan beberapa sudah mengekspor produkya ke luar negeri. Tentunya harga yang ditawarkan sangat ramah di kantong.

Berikut lima daftar brand sepatu lokal terbaik versi Ngepop.id.

1. Compass

1. Compass Sepatu Compass 'Proto HI edisi Indonesia V2' (Foto: sepatucompass/instagram)

Brand lokal satu ini memiliki popularitas yang sangat tinggi di tanah air. Sepatu besutan Kahar Gunawan yang diciptakan sejak tahun 1998, sukses melambung tinggi baik di dalam maupun luar negeri.

Model dan logo sepatu terinspirasi dari seekor Gazelle. Mencerminkan kelincahan dan kegesitan dalam beraktivitas. Keinginan pendiri Compass adalah mengubah konsumen menjadi orang yang percaya. Dengan kekuatan yang otentik dan gerakan untuk memperjuangkan produk Indonesia melalui kisah-kisah konsumen terpercaya. Pada tahun 2018, Compass menata ulang brand dengan sentuhan kontemporer segar sambil tetap mempertahankan identitas Gazellenya.

Harga yang dibanderol oleh Compass mulai dari Rp. 200.000-an.

2. Ventela

2. Ventela Ventela x Chicco Jerikho (Foto: ventelashoes/instagram)

Berikutnya yang tak kalah menarik adalah Ventela. brand ini mulai dikenalkan kepada publik pada tahun 2017. William Ventela, selaku owner sudah mengoperasikan pabrik vulkanisirnya sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat.

Meski brand ini tergolong baru, namun mampu bersaing dengan brand sepatu papan atas lho! Bahan dasar sepatu yang digunakan adalah Upper Canvas 12oz. Memiliki kelembutan dan daya tahan yang kuat untuk digunakan dalam keseharian kita.

Harganya juga ramah lingkungan, eh ramah kantong. Dengan modal Rp. 100.000-an sudah bisa memiliki sepatu ini.

3. Forever Young Crew (FYC)

3. Forever Young Crew (FYC) Sepatu FYC 'Mattmo 2.0' (Foto: fycfootwear/instagram)

Sesuai dengan namanya, sepatu ini sangat menunjang eksistensi kaum muda-mudi. Membuat kita tampil dengan gairah penuh percaya diri. FYC sendiri memulai produksinya dari tahun 2012. Ucay Rocket Rockers sukses memasarkan sepatu ini hingga ke banyak daerah.

Sepatu ini memiliki kenyamanan yang dapat menyaingi brand luar yang sejenis dengannya. Selain itu, design yang terbentuk pada sepatu ini juga tak kalah menarik dengan gaya ala-ala skate.

Logo brand yang berupa pisang menambah nilai estetika sepatu. Detail sepatu seperti insole, outsole, karet synth elastomer, hingga  sistem flywire pada tali sepatu menunjang kesempurnaan sepatu.

Harga yang ditawarkan oleh FYC berkisar Rp. 300.000-an sudah dapat membuat kita tampil kece.

4. Geoff Max

4. Geoff Max Sepatu Geoff Max 'Kerasukan' (Foto: geoff_max/instagram)

Berawal dari angan-angan mimpi, hingga kini menjelma menjadi brand lokal ternama. Mendapat banyak tantangan dari awal proses tak menyurutkan brand ini. Justru mendapat dukungan dari beberapa musisi terkenal seperti Bobby Koal, JRX, Seringai, Sanson PWG, RTF, Paul Wilson CNCC, Danny Worsnop.

Dengan semangat tinggi untuk terus melawan kedigdayaan brand sepatu asing yang sangat populer. Meski sangat baik dari segala aspek kesepatuan, tak membuatnya sombong dalam harga. Geoff Max membanderol produk sepatunya berkisar dari Rp. 200.000-an saja.

5. Brodo

5. Brodo Sepatu Brodo 'Vulcan Classic Off White' (Foto: bro.do/instagram)

Yukka, CEO Brodo saat ini, bercerita tentang kesulitannya mencari sepatu ukuran 46 untuk temannya, Uta.

Dengan latar belakang Pendidikan Teknik yang dimilikinya. Yukka dan temannya menganilisis permasalahan brand lokal. Mereka menilai kala itu brand lokal sulit bersaing dengan brand sepatu asing. Sehingga lahirlah Brodo pada tahun 2010 sebagai brand sepatu lokal yang stylish, berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Mulai dari Rp. 300.000-an sudah bisa mengantonginya dengan senyuman.

Karya anak bangsa harus mendapat apresiasi melebihi karya orang asing. Bagaimana pun, itu akan membuat negeri kita tercinta tak dipandang sebelah mata oleh bangsa lain. Seperti jargon melekat dalam benak kita ‘Cintailah, produk-produk Indonesia’. Cinta membawa perubahan, dan perubahan membuat kita tampil lebih percaya diri.

Gimana nih, sudah cocok dengan brand-brand sepatu di atas belum? Apalagi harganya, yang pasti semoga membuat kita dapat lebih menghargai karya dalam negeri ya. (*)

Keterangan Foto: yooreka.id



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!