Profil hacker Bjorka banyak dicari warganet. Ini daftar hacker paling berbahaya di dunia

Profil hacker Bjorka banyak dicari warganet, khususnya publik Tanah Air. Pasalnya, sosok tersebut menyebarkan data pribadi sejumlah pejabat negara ke publik. 

Warganet semakin penasaran ketika hacker Bjorka terus menyentil pejabat publik, mulai gubernur Anies Baswedan, menteri Mahfud MD, hingga Presiden Jokowi. Profil Hacker semakin dicari dan menjadi perhatian.

Kendati banyak dicari, profil hacker Bjorka masih belum diketahui hingga saat ini.

Ada beberapa nama hacker yang disebut berbahaya di dunia. Kepiawaiannya meretas seperti Bjorka menjadikan mereka dikenal.

Ngepop.id merangkum dari berbagai sumber nama-nama hacker paling berbahaya di dunia.

Daftar hacker berbahaya di dunia

Daftar hacker berbahaya di dunia Hacker Bjorka (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)

1. Kevin Poulsen

Kevin Poulsen memiliki nickname Dark Dante. Dia berhasil menjebol  sistem Arpanet, jaringan komputer Pentagon. Saat itu usianya masih 17 tahun, kelahiran 1983. Kevin Poulsen ditangkap tapi dibebaskan karena masih di bawah umur.

Selang lima tahun, ia membobol jaringan komputer pemerintah federal dan berhasil mengambil data Presiden Filipina saat itu, Ferdinand Marcos.

2. Kevin Mitnick

Pada 1982, Kevin Mitnick berhasil meretas komputer Pacific Bell. Ia juga membobol jaringan milik pasukan udara Nort Amirican Difence Command (Norad). Aksinya berlanjut, ia meretas manufaktur komputer terkenal.

3. Astra

Astra, hacker yang identitasnya masih belum teridentifikasi. Pada 2008, Astra dikejar aparat dan teridentifikasi sebagai pakar matematika asal Yunani berusia 58 tahun.

Menurut laporan, Astra berhasil membobol sistem perusahaan pertahanan asal Perancis, Dassault. Dia juga mencuri software senjata teknologi tinggi dan menjualnya ke sekitar 250 orang di berbagai negara.

4. Jonathan James

Jonathan James berhasil meretas perusahaan-prusahaan besar seperti Bell South dan Miami-Dede. Bahkan pada 1999, ia meretas Pertahanan AS. 

Jonathan James yang dikenal dengan nama Comrade di jagat maya, tercatat sebagai hacker remaja pertama yang dihukum Pemerintah AS. Ia pernah mencuri software NASA.

5. Adrian Lamo

Sebagai hacker, Adrian Lamo pernah masuk ke jaringan komputer perusahaan besar seperti New York Times, Yahoo, bahkan Microsoft. Lamo membocorkan ratusan ribu dokumen sensitif pemerintah AS ke WikiLeaks. 

6. Julian Assange

Julian Assege cukup diperhitungkan dalam dunia peretasan. Pada 2010, hacker ini diinformasikan telah meretas komputer milik NATO.

7. Gary McKinon

Gary McKinon lahir di Skotlandia. Hacker ini berhasil membobol jaringan komputer NASA. Ia juga meretas 97 jaringan Militer AS pada 2001 dan 2002. Aksinya dilakukan untuk mencari informasi tentang keberadaan UFO.

8. Anonymous

Anonymous dikenal sebagai kelompok hacker aktivis internasional. Bermula pada 2003 di forum 4chan. 

Aksi Anonymous mulai dikenal sejak awal 2015 saat serangan maut ISIS pada Charlie Hebdo. Anonymous melakukan perusakan daring, membuat akun pendukung ISIS mati.

Demikian nama-nama hacker paling berbahaya di dunia. Dari delapan nama, tidak terdapat nama hacker Bjorka di dalamnya. (*)

Keterangan foto utama: Ilustrasi hacker Bjorka yang menghebohkan Indonesia. (Foto: Pixabay/B_A)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!