Mischa Hasnaeni Moein menjadi tersangka kasus pidana korupsi.

Nama Hasnaeni Moen menjadi trend pencarian, setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkannya sebagai tersangka kasus pidana korupsi. 

Perempuan bernama lengkap Mischa Hasnaeni Moein, yang juga menjabat Direktur Utama PT Misi Mulia Metrikal Hasnaeni Moein sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi penyimpangan dan atau penyelewengan dalam penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020.

Hasnaeni Moein juga dikenal 'Wanita Emas' itu sempat dijemput paksa petugas untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus tersebut. Menurut pengakuan petugas, dia juga bertingkah serupa saat hendak menjalani pemeriksaan.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi, menyampaikan Hasnaeni Moein menggunakan uang sebesar Rp16 miliar lebih terkait perkara tersebut untuk kepentingan pribadi.

"Bahwa tersangka H selaku direktur PT MMM dengan dalih PT MMM sedang melakukan pekerjaan Tol Semarang-Demak, menawarkan pekerjaan kepada PT WBP, Waskita Beton Precast, dengan syarat PT WBP harus menyetorkan sejumlah uang kepada PT MMM dengan dalih penanaman modal," tutur Kuntadi di Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022).

Profil dan Biodata Hasnaeni Moein

Hasaeni Moein atau lengkapnya Mischa Hasnaeni Moein merupakan Ketua Umum Partai Republik Satu. Partai Satu tersebut merupakan salah satu dari tujuh parpol baru yang sudah mendaftarkan diri menjadi kontestan Pemilu 2024.

Adapun total parpol pendaftar sebanyak 40. Dari jumlah itu, baru 24 Parpol yang sudah masuk ke tahap verifikasi administrasi, 17 di antaranya merupakan parpol yang mengisi parlemen saat ini. Tahapan yang sedang berjalan adalah perbaikan dokumen melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang berlangsung 15-28 September 2022.

Hasnaeni Moein mendaftarkan partai yang digawanginya itu ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (14/8/2022) lalu. Dari verifikasi administrasi KPU RI, partai besutan Wanita Emas ini lolos verifikasi administrasi KPU dengan kepengurusan parpol yang sudah ada di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Saat ini, Partai Republik Satu sudah memiliki kepengurusan partai di 34 provinsi. Sementara di tingkat kabupaten/kota sudah 84 persen kepengurusan partai ini. Sementara di tingkat kecamatan sudah lebih 60 persen.

Hasnaeni juga mengatakan Partai Republik Satu didirikan dengan tujuan utama membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan para kader khususnya.

Partai Republik Satu siap berkolaborasi dengan pemerintahan siapapun untuk mewujudkan tujuan utama tersebut.

Hasnaeni sebelumnya menjabat Ketua Umum Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas). Lantaran slogan itulah ia dikenal sebagai 'Wanita Emas'.

Hasnaeni terpilih sebagai Ketua Umum Partai Republik Satu dalam kongres yang digelar partai politik tersebut di Jakarta, pada Senin, 11 Juli 2022 lalu.

Program yang akan diusung Partai Republik Satu ini antara lain koperasi, ojek daring, serta rumah subsidi bagi yang membutuhkan. Selain itu, dia akan melakukan pemberdayaan masyarakat, membuka lapangan kerja dan peluang bisnis.

Mischa Hasnaeni Moein merupakan pendiri Partai Era Masyarakat Sejahtera atau disingkat Partai Emas yang dibentuk pada 11 Juli 2020.

Dari nama partainya ini kemudian julukan Wanita Emas kepada Hasnaeni datang dari jargonnya, yakni Era Masyarakat Sejahtera menjadi.

Hasnaeni yang pernah menjadi politikus Partai Demokrat itu beberapa kali tercatat maju menjadi kepala daerah, seperti menjadi bakal calon wali kota Tangerang Selatan tahun 2010 dengan menggandeng Saipul Jamil.

Mischa Hasnaeni Moein yang merupakan kelahiran Makassar, 17 Juli 1976 itu juga mencalonkan diri pada Pilgub DKI Jakarta 2012.

Pada Pilgub 2017 DKI Jakarta ia mencalonkan diri sebagai bakal calon namun tidak mendapatkan dukungan dari partai manapun.

Sebelum ke dunia politik Mischa Hasnaeni Moein juga pernah terjun di dunia hiburan dengan bermain di sinetron Jin dan Jun, serta Saras 008.

Berikut biodata lengkap mulai pendidikan hingga akun Instagram pribadi Mischa Hasnaeni Moein:

Nama Lengkap : Hj. Mischa Hasnaeni Moein, S.E, M.M.

Nama populer: Hasnaeni Moein, Wanita Emas

Tempat Tanggal Lahir : Makassar, 17 Juli 1976

Umur: 46 tahun (2022)

Agama: Islam

Riwayat pendidikan:

SD Labuang Baji Makassar (1983-1989)

SMP Prasetyo Makassar (1989-1992)

SMA Walio Makassar (1992-1995)

S1 Fakultas Ekonomi Universitas Krisna Dwipayana (1996-2000)

S2 Magister Manajemen, Universitas Krisna Dwipayana (2000-2012)

S3 Program Doktor Ilmu Ekonomi, Universitas Merdeka Malang (2013-)

Riwayat karir/jabatan:

Artis

Komisaris PT. Misi Mulia Production (Production house) (2003-2006)

Komisaris PT. Misi Mulia Petronusa (2007-)

Wakil Bendahara Umum Partai Hanura (2008)

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Partai Demokrasi Kebangsaan (2009)

Pengurus Harian DPP Partai Demokrat

Direktur Utama PT. Misi Mulia Metrikal / PT. MMM

Baca Juga: Kronologi Kasus Korupsi Garuda Indonesia, Ini Modus Mantan Dirut Garuda yang Kini Jadi Tersangka Terbaru

Nama orang tua: Max Moein

Nama suami: Muslim Mahmud

Jumlah anak: 3

Akun Instagram: @hj.hasnaenii.se.mm, @hasnaeni17_

Demikian informasi profil Mischa Hasnaeni Moein 'Wanita Emas' jadi tersangka kasus korupsi apa, ini biodata, nama partai, karier hingga pernah jadi pemeran Jin dan Jun.(*)



Petualang digital yang hobi menikmati kopi nusantara. Pemain game FPS dan Moba yang terjerumus dalam dunia pencatatan sejarah.

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!