Permen Kopiko menarik perhatian masyarakat Indonesia, tahun ini akan muncul di dalam 15 drama Korea dengan skala tayang global.

Permen Kopiko merupakan permen yang sering muncul di Drama Korea (Drakor). Kemunculan produk unggulan Mayora ini pun membuat bangga warganet Indonesia. Permen Kopiko ini tampil di berbagai Drakor favorit dengan rating yang luar biasa.

Permen Kopiko ini muncul di berbagai drama Korea favorit mulai dari Vincenzo, Hometown Cha Cha Cha, Mine, hingga Yumi Cells. 

Tak hanya itu, permen anti kantuk ini kembali menarik perhatian masyarakat Indonesia, dengan kemunculannya di tiga drama Korea terbaru pada saat yang bersamaan. Tidak hanya itu bahkan dikabarkan Kopiko tahun ini akan muncul di dalam 15 drama Korea dengan skala tayang global.

Selain tayang di negeri Korea sana, drama-drama Korea yang disponsori oleh Kopiko ini juga akan muncul di berbagai OTT di berbagai negara. Permen Kopiko terlihat dinikmati oleh aktor dan aktris utama di drama Korea, Bagaimana aksi Kopiko dalam drama-drama Korea tersebut?

 

Kopiko di Drakor

Vicenzo

Permen kopi asal Indonesia, Kopiko memulai debut dalam drama Korea Vincenzo. Adegan 'product placement' tersebut ditampilkan dalam episode 14 drama Korea Vincenzo. Park Seok Do (pemain Kim Young Woong) menawarkan Seo Mi Ri (pemain Kim Yoon Hye) dan Nona Yang (pemain Jung Ji Yoon) permen Kopiko untuk mencairkan suasana.

"Makanlah permen ini. Kalian akan merasa segar lagi," ujar Park Seo Do, sambil memberikan Kopiko pada Nona Yang.

Setelah memakan Kopiko, Seo Mi Ri pun menganggukkan kepalanya dan menyebut rasanya enak. Ketiganya tengah menunggu Vincenzo (pemain Song Joong Ki) dan Hong Cha Young (pemain Jeon Yeo Bin) masuk ke ruang Kepala Galeri Seni untuk meretas komputer.

Home Town Cha-Cha

Permen kopiko yang muncul di serial Hometown Cha Cha Cha episode 7. Adegan ini awalnya menyorot sosok Ji Sung Hyun (Lee Sang Yi) saat bertemu dengan lawan mainnya Hong Doo-Sik (Kim Seon-Ho). 

Mereka berdua tampak mengobrol di tepi laut. Di sela waktu ngobrolnya, tampak Hong Doo-Sik membuka sebuah permen Kopiko, lalu memakannya. Tak sendirian, ia juga sempat menawarkan Kopiko kepada Ji Sung Hyun. Sehingga keduanya berbagi manisnya permen kopiko dan menyorot kemasannya mirip iklan tvc.

Yumi Cells

Permen Kopiko muncul dalam Yumi’s Cells episode tujuh yang tayang Jumat (8/9/2021) lalu di mana Woong sedang berada di kantor lembur bersama rekan kerjanya.

Mine

Satu adegan drama Mine, turut dihiasi dengan kemunculan Kopiko saat pemeran utama Seo Hee Soo (Lee Bo Young) menikmati permen tersebut. Episode keempat drama korea berjudul "Mine" besutan sutradara Lee Na Jeong yang tayang di tvN jadi perhatian. Kopiko Blister muncul saat adegan Seo Hee Soo yang diperankan oleh artis papan atas Lee Bo Young yang wajahnya sedang dirias.

Today’s Webtoon

Dalam drama ini, On Ma-eum yang diperankan oleh Kim Se-Jeong sedang mengantuk saat sedang lembur di kantor. Dia pun menikmati Kopiko lalu membagikannya kepada rekan kerjanya Gun Jun-yeong yang diperankan oleh Nam Yoon Soo.

Ternyata Gun Jun-yeong memiliki rasa yang tak biasa kepada On Ma-eum. Apakah Kopiko ini menjadi panah asmara Gun Jun-yeong?

Adamas

Kopiko juga hadir dalam drama Korea misteri thriller Adamas yang heboh. Dalam drama ini Ji Sung memerankan 2 peran sekaligus. Drama ini menceritakan kakak beradik yang mengungkap kasus pembunuhan sang ayah.

Belum berhasil dalam upaya untuk memperebutkan Adamas, tongkat berhiaskan emas yang menjadi barang bukti pembunuhan, kakak beradik kembar Ha Woo-shin dan Song Soo Hyun yang diperankan oleh Ji Sung harus mengatur ulang strategi.

Siapa lagi kalau bukan Kopiko, yang jadi favorit Song Soo Hyun, dan selalu dibawa di kantongnya, terlihat dinikmati Ketika kantuk menyerangnya disaat menyusun strategi mengungkap misteri pembunuhan ini.

Terus hadir di drama Korea yang mencuri perhatian para penonton, Little Women juga ikut ter-Kopiko-kan. Drama yang baru-baru ini mencuri perhatian serta berada di posisi No. 1 Top 10 TV Shows di Indonesia selama berberapa minggu bercerita tentang 3 orang kakak beradik yang miskin yang terseret dalam sebuah kasus misterius dari masa lalu.

Siapa yang tidak pusing dan mengantuk kalau harus menganalisa banyak data sekaligus? Tapi tidak untuk Oh In-Kyung! Kopiko standby 24 jam agar Oh In-Kyung bisa fokus bekerja keras, meski sering diperlakukan tidak adil oleh sunbaenim-nya! Penonton jadi semakin penasaran akan scene-scene Kopiko dalam episode-episode Little Women selanjutnya.

Permen asli Indonesia itu tampaknya semakin giat melebarkan pangsa pasar baik di dalam dan luar negeri, terpantau nilai investasi Kopiko dalam masing-masing drama Korea tidak main-main ditaksir mencapai 5 Miliar Rupiah per episode yang tayang.

Gebrakan-gebrakan ini selalu sukses membuat bangga, sekaligus membuat penasaran menantikan langkah selanjutnya.

Julukan Kopiko Drama (K-Drama) pun muncul, menggambarkan sepak terjangnya dalam perannya di berbagai drama Korea. Netizen dibuat tidak sabar menantikan peran-peran permen tersebut dalam drama Korea selanjutnya.

Permen Kopiko memang sudah dinikmati dan disukai oleh miliaran konsumen di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, karena terbuat dari biji kopi terbaik dari pegunungan vulkanik Indonesia

Hal ini sontak disambut oleh para pecinta drama Korea dari Indonesia. Berapa biaya yang harus dirogoh brand ini untuk bisa tampil di drakor? Pihak Kopiko sendiri enggan menyebutkan berapa anggaran yang dihabiskan untuk penempatan iklan di drama tersebut. Namun, seorang produser film asal Indonesia, Delon Tio sempat beberkan informasi soal pembiayaan ini lewat cuitannya di Twitter.

Dibutuhkan setidaknya 200 juta won atau sekitar Rp 2,5 miliar untuk dua kali adegan. Itu artinya, pada empat adegan kemunculan Kopiko, biayanya mencapai Rp 5 miliar. Menghabiskan budget fantastis, mengapa Kopiko membidik promosi lewat drama Korea?

 

 

Permen Kopiko Indonesia

 Kopiko adalah merek kopi instan dan permen kopi yang diproduksi di Indonesia oleh PT Mayora Indah Tbk sejak tahun 1982. Permen Kopiko yang terbuat dari ekstrak kopi asli ini bahkan sudah terkenal di mana-mana dan dapat dijumpai lebih dari di 80 negara di dunia, lho. Kopiko juga pernah dibawa oleh astronot NASA ke luar angkasa.

Kopiko adalah brand yang dinaungi oleh PT Mayora Indah TBK sejak dekade 80-an. Ia jadi permen kopi pertama di Indonesia dan kini tersebar di lebih dari 100 negara. Oleh sebab itu, strategi pemasaran secara tidak langsung lewat kemunculannya di drakor adalah upaya untuk memperkokoh posisinya sebagai merek global.

Menurut Rizky Kusumo, dalam jurnalnya “Muncul di Drakor Vincenzo, Begini Cara Kopiko Kuasai Pasar Dunia”, 11 Juni 2021, brand dengan tagline “gantinya kopi” ini juga memilih kawasan ASEAN sebagai titik awal ekspansi bisnisnya.

Pasalnya, letak geografisnya tidak terlalu jauh dan karakteristik konsumennya mirip dengan masyarakat Indonesia. di Filipina misalnya, Kopiko sukses jadi nomor satu mengalahkah Nestle dan perusahaan raksasa lokal Universal Robina pada 2018-2019.

Menurut Utami Maulida, dalam jurnalnya “Strategi Brand Placement Melalui Media Film Untuk Menciptakan Brand Awareness”, Agustus 2021, kehadiran Kopiko dalam drakor juga bisa membangun dan mempengaruhi persepsi audiens dalam membentuk brand awareness atau kesadaran akan sebuah merek.

Ini juga strategi untuk menarik audiens secara global dengan pemeran di drakor yang mempunyai banyak penggemar di berbagai negara lewat teknik soft selling atau persuasif. Bagaimana kinerja keuangan Kopiko setelahnya? Gebrakan mensponsori drama Korea membuat harga saham PT Mayora Indah TBK ada di zona hijau pada Februari 2021.

Saat itu, ia mencatat kenaikan 30 poin atau 1,16 persen ke posisi Rp2.620 per saham dengan nilai kapitalisasinya mencapai Rp58,58 triliun. Ia juga membukukan pertumbuhan penjualan bersih hingga 36,43%.

Angka tersebut naik dari Rp5,38 triliun pada Maret 2020 menjadi Rp7,34 triliun pada 2021. Akan tetapi, tercatat pula ada peningkatan pada bahan perusahaan. Beban pokok penjualan Mayora meningkat dari Rp3,72 triliun menjadi Rp5,16 triliun hingga Maret 2021. Begitu pula dengan beban umum dan administrasi yang naik dari Rp186,25 miliar menjadi Rp193,07 miliar.

Terlepas dari itu, strategi promosi lewat drakor ini dinilai berhasil. Peneliti Strategi Brand Placement Melalui Media Film Untuk Menciptakan Brand Awareness, Utami Maulida mengatakan melihat biaya promosi yang fantastis yaitu mencapai angka 5 miliar, PT Mayora Indah dan brand Kopiko dianggap berhasil melakukan brand awareness audience. Berawal dari slogan “gantinya kopi” kini menjadi viral dengan keyword “Kopiko permen Vincenzo”.

Kopiko di Drakor

Vicenzo

Permen kopi asal Indonesia, Kopiko memulai debut dalam drama Korea Vincenzo. Adegan 'product placement' tersebut ditampilkan dalam episode 14 drama Korea Vincenzo. Park Seok Do (pemain Kim Young Woong) menawarkan Seo Mi Ri (pemain Kim Yoon Hye) dan Nona Yang (pemain Jung Ji Yoon) permen Kopiko untuk mencairkan suasana.

"Makanlah permen ini. Kalian akan merasa segar lagi," ujar Park Seo Do, sambil memberikan Kopiko pada Nona Yang.

Setelah memakan Kopiko, Seo Mi Ri pun menganggukkan kepalanya dan menyebut rasanya enak. Ketiganya tengah menunggu Vincenzo (pemain Song Joong Ki) dan Hong Cha Young (pemain Jeon Yeo Bin) masuk ke ruang Kepala Galeri Seni untuk meretas komputer.

Home Town Cha-Cha

Permen kopiko yang muncul di serial Hometown Cha Cha Cha episode 7. Adegan ini awalnya menyorot sosok Ji Sung Hyun (Lee Sang Yi) saat bertemu dengan lawan mainnya Hong Doo-Sik (Kim Seon-Ho). 

Mereka berdua tampak mengobrol di tepi laut. Di sela waktu ngobrolnya, tampak Hong Doo-Sik membuka sebuah permen Kopiko, lalu memakannya. Tak sendirian, ia juga sempat menawarkan Kopiko kepada Ji Sung Hyun. Sehingga keduanya berbagi manisnya permen kopiko dan menyorot kemasannya mirip iklan tvc.

Yumi Cells

Permen Kopiko muncul dalam Yumi’s Cells episode tujuh yang tayang Jumat (8/9/2021) lalu di mana Woong sedang berada di kantor lembur bersama rekan kerjanya.

Mine

Satu adegan drama Mine, turut dihiasi dengan kemunculan Kopiko saat pemeran utama Seo Hee Soo (Lee Bo Young) menikmati permen tersebut. Episode keempat drama korea berjudul "Mine" besutan sutradara Lee Na Jeong yang tayang di tvN jadi perhatian. Kopiko Blister muncul saat adegan Seo Hee Soo yang diperankan oleh artis papan atas Lee Bo Young yang wajahnya sedang dirias.

Today’s Webtoon

Dalam drama ini, On Ma-eum yang diperankan oleh Kim Se-Jeong sedang mengantuk saat sedang lembur di kantor. Dia pun menikmati Kopiko lalu membagikannya kepada rekan kerjanya Gun Jun-yeong yang diperankan oleh Nam Yoon Soo.

Ternyata Gun Jun-yeong memiliki rasa yang tak biasa kepada On Ma-eum. Apakah Kopiko ini menjadi panah asmara Gun Jun-yeong?

Adamas

Kopiko juga hadir dalam drama Korea misteri thriller Adamas yang heboh. Dalam drama ini Ji Sung memerankan 2 peran sekaligus. Drama ini menceritakan kakak beradik yang mengungkap kasus pembunuhan sang ayah.

Belum berhasil dalam upaya untuk memperebutkan Adamas, tongkat berhiaskan emas yang menjadi barang bukti pembunuhan, kakak beradik kembar Ha Woo-shin dan Song Soo Hyun yang diperankan oleh Ji Sung harus mengatur ulang strategi.

Siapa lagi kalau bukan Kopiko, yang jadi favorit Song Soo Hyun, dan selalu dibawa di kantongnya, terlihat dinikmati Ketika kantuk menyerangnya disaat menyusun strategi mengungkap misteri pembunuhan ini.

Little Women

Permen Kopiko juga turut meramaikan Little Women. Drama yang baru-baru ini mencuri perhatian serta berada di posisi No. 1 Top 10 TV Shows di Indonesia selama berberapa minggu bercerita tentang 3 orang kakak beradik yang miskin yang terseret dalam sebuah kasus misterius dari masa lalu.

Siapa yang tidak pusing dan mengantuk kalau harus menganalisa banyak data sekaligus? Tapi tidak untuk Oh In-Kyung! Kopiko standby 24 jam agar Oh In-Kyung bisa fokus bekerja keras, meski sering diperlakukan tidak adil oleh sunbaenim-nya! Penonton jadi semakin penasaran akan scene-scene Kopiko dalam episode-episode Little Women selanjutnya.

 

Permen asli Indonesia itu tampaknya semakin giat melebarkan pangsa pasar baik di dalam dan luar negeri, terpantau nilai investasi Kopiko dalam masing-masing drama Korea tidak main-main ditaksir mencapai 5 Miliar Rupiah per episode yang tayang.

Gebrakan-gebrakan ini selalu sukses membuat bangga, sekaligus membuat penasaran menantikan langkah selanjutnya.

Julukan Kopiko Drama (K-Drama) pun muncul, menggambarkan sepak terjangnya dalam perannya di berbagai drama Korea. Netizen dibuat tidak sabar menantikan peran-peran permen tersebut dalam drama Korea selanjutnya.

Permen Kopiko memang sudah dinikmati dan disukai oleh miliaran konsumen di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, karena terbuat dari biji kopi terbaik dari pegunungan vulkanik Indonesia

Hal ini sontak disambut oleh para pecinta drama Korea dari Indonesia. Berapa biaya yang harus dirogoh brand ini untuk bisa tampil di drakor? Pihak Kopiko sendiri enggan menyebutkan berapa anggaran yang dihabiskan untuk penempatan iklan di drama tersebut. Namun, seorang produser film asal Indonesia, Delon Tio sempat beberkan informasi soal pembiayaan ini lewat cuitannya di Twitter.

Dibutuhkan setidaknya 200 juta won atau sekitar Rp 2,5 miliar untuk dua kali adegan. Itu artinya, pada empat adegan kemunculan Kopiko, biayanya mencapai Rp 5 miliar. Menghabiskan budget fantastis, mengapa Kopiko membidik promosi lewat drama Korea?

 

 

 

Permen Kopiko Indonesia

 Kopiko adalah merek kopi instan dan permen kopi yang diproduksi di Indonesia oleh PT Mayora Indah Tbk sejak tahun 1982. Permen Kopiko yang terbuat dari ekstrak kopi asli ini bahkan sudah terkenal di mana-mana dan dapat dijumpai lebih dari di 80 negara di dunia, lho. Kopiko juga pernah dibawa oleh astronot NASA ke luar angkasa.

Kopiko adalah brand yang dinaungi oleh PT Mayora Indah TBK sejak dekade 80-an. Ia jadi permen kopi pertama di Indonesia dan kini tersebar di lebih dari 100 negara. Oleh sebab itu, strategi pemasaran secara tidak langsung lewat kemunculannya di drakor adalah upaya untuk memperkokoh posisinya sebagai merek global.

Menurut Rizky Kusumo, dalam jurnalnya “Muncul di Drakor Vincenzo, Begini Cara Kopiko Kuasai Pasar Dunia”, 11 Juni 2021, brand dengan tagline “gantinya kopi” ini juga memilih kawasan ASEAN sebagai titik awal ekspansi bisnisnya.

Pasalnya, letak geografisnya tidak terlalu jauh dan karakteristik konsumennya mirip dengan masyarakat Indonesia. di Filipina misalnya, Kopiko sukses jadi nomor satu mengalahkah Nestle dan perusahaan raksasa lokal Universal Robina pada 2018-2019.

Menurut Utami Maulida, dalam jurnalnya “Strategi Brand Placement Melalui Media Film Untuk Menciptakan Brand Awareness”, Agustus 2021, kehadiran Kopiko dalam drakor juga bisa membangun dan mempengaruhi persepsi audiens dalam membentuk brand awareness atau kesadaran akan sebuah merek.

Ini juga strategi untuk menarik audiens secara global dengan pemeran di drakor yang mempunyai banyak penggemar di berbagai negara lewat teknik soft selling atau persuasif. Bagaimana kinerja keuangan Kopiko setelahnya? Gebrakan mensponsori drama Korea membuat harga saham PT Mayora Indah TBK ada di zona hijau pada Februari 2021.

Saat itu, ia mencatat kenaikan 30 poin atau 1,16 persen ke posisi Rp2.620 per saham dengan nilai kapitalisasinya mencapai Rp58,58 triliun. Ia juga membukukan pertumbuhan penjualan bersih hingga 36,43%.

Angka tersebut naik dari Rp5,38 triliun pada Maret 2020 menjadi Rp7,34 triliun pada 2021. Akan tetapi, tercatat pula ada peningkatan pada bahan perusahaan. Beban pokok penjualan Mayora meningkat dari Rp3,72 triliun menjadi Rp5,16 triliun hingga Maret 2021. Begitu pula dengan beban umum dan administrasi yang naik dari Rp186,25 miliar menjadi Rp193,07 miliar.

Terlepas dari itu, strategi promosi lewat drakor ini dinilai berhasil. Peneliti Strategi Brand Placement Melalui Media Film Untuk Menciptakan Brand Awareness, Utami Maulida mengatakan melihat biaya promosi yang fantastis yaitu mencapai angka 5 miliar, PT Mayora Indah dan brand Kopiko dianggap berhasil melakukan brand awareness audience. Berawal dari slogan “gantinya kopi” kini menjadi viral dengan keyword “Kopiko permen Vincenzo”.

 



Petualang digital yang hobi menikmati kopi nusantara. Pemain game FPS dan Moba yang terjerumus dalam dunia pencatatan sejarah.

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!