Mengenang aktris legendaris, Nani Wijaya telah berpulang.
Aktris legendaris, Nani Wijaya, telah meninggal dunia (Foto: HabisNontonFilm/twitter)

Kabar duka tengah menyelimuti dunia perfilman tanah air. Nani WIjaya, sosok aktris legendaris Indonesia telah berpulang ke hadrirat Tuhan Yang Maha Esa, pada Kamis (16/3) di RS Fatmawati.

Hal ini juga disampaikan oleh Cahya Kamila pada unggahan di akun instagram pribadinya.

INNALILLAHIWAINALIAHIROJIUN Telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani WIjaya. DI Rs Fatmawaty 16 Maret 2023 pd pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yg disengaja maupun tidak disengaja,” tulis Kamila pada caption postingan tersebut.

Kejadian ini sontak membuat heboh masyarakat tanah air. Pasalnya, pemeran ‘Emak’ di film Bajaj Bajuri itu sudah banyak menghibur banyak orang sejak lama.

Sebelumnya, Nani mengalami sesak nafas sehingga ia harus dilarikan ke rumah sakit. Hingga kemudian menghembuskan nafas terakhirnya setelah beberapa hari di rawat di ruangan IGD. Karena kondisi yang semakin memburuk, ia dipindah ke ruang ICU untuk penanganan yang lebih intensif.

“Tadi pagi, tepatnya pada jam 02.30 WIB, ibu saya (Nani WIjaya) dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati karena gejala sesak nafas. Beliau seperti tidak bisa mengeluarkan slem dari paru-paru. Sehingga sulit untuk bernafas. Karena semakin sesak, kami sekeluarga lantas membawa ke RS.” ujar anak Nani, Nina Kartika, mengutip dari detikHOT.

Artis berusia 78 tahun tersebut sudah mengalami sakit sejak lama. Anak asuh Nani, Nazarudin Lubis mengatakan bahwa ibunda memiliki riwayat penyakit darah tinggi dan stroke.

Menyebabkan kelumpuhan pada tangan kiri hingga merambah ke kaki kirinya. Penyakit yang menyeragnya sejak lama menyebabkan Nani hanya bisa berbaring di ranjang tidurnya. Kebiasaan ini kemudian menyebabkan luka infeksi pada tulang ekornya serta komplikasi ginjal.

Mengenal Nani Wijaya Lebih Dalam

Nani Wijaya lahir di Cirebon pada 10 November 1944. Ia memulai debut seni peran sejak menginjak masa SMA, di usianya yang ke-16.

Nani pernah mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia, mengambil jurusan Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial.

Aktris senior itu kemudian menikah dengan seorang sutradar film, Misbach Yusa Biran, di usianya yang ke-24. Mereka dikarunai enam buah hati diantaranya adalah Nina Kartika, Tita Fitrah Soraya, Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan Sukma Ayu.

Namun, pada 2012 silam, Misbach meninggal dunia, hingga Nani memutuskan menikah lagi pada 2017 dengan sastrawan, Ajip Rosidi. Lagi dan lagi, ia ditinggal lebih dulu oleh suaminya. Tiga tahun lalu, Ajip meninggal dunia.

Karir Nina Wijaya Semasa Hidupnya

Seperti penjelasan di atas, Nani memulai debutnya sejak ia masih berseragam SMA. Tepatnya pada tahun 1960. Debutnya diawali dengan menjadi pemeran pembantu dalam film Darah Tinggi (1960).

Semasa hidup, ia telah malang melintang dengan berperan dalam ratusan film layar lebar dan berbagai serial film televisi. Namanya kian populer setelah berperan dalam film bertajuk Yang Muda Yang Bercinta (1977).

Deretan film yang pernah ia bintangi antara lain seperti Si Doel Anak Betawi (1972), Gara-Gara Janda Kaya (1977), Roda-Roda Gila (1978), R.A. Kartini (1982), Catatan si Boy IV (1990), dan sebagainya.

Selain itu, ia juga aktif berperan dalam sinetron dan sitkom layar kaca. Tercatat sudah puluhan sinetron dan sitkom ia perankan, seperti Wah, Cantiknya 1 dan 2 (2001), Cintaku di Rumah Susun 1 dan 2 (1987), Si Cecep (2004), Cinta SMU (2002), Bajaj Bajuri (2002), dan Tukang Bubur Naik Haji the Series (2012).

Penghargaan sebagai seorang aktris baru ia peroleh di usianya yang ke-34. Kala itu Nani Wijaya berhasil menyabet penghargaan sebagai ‘Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia’ dalam film bertajuk Yang Muda Yang Bercinta (1977).

Kembali mendapatkan penghargaan, ia memperoleh penghargaan sebagao ‘Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung’ dalam film bertajuk Bajaj Bajuri (2002) pada tahun 2005.

Terakhir, ia masuk dalam nominasi ‘Aktris Pemeran Utama Piala Maya 2012’ dalam film Ummi Aminah (2012).

Nani Wijaya telah menjaga eksistensinya di ranah perfilman Indonesia selama tujuh dekade. Hari ini ia telah menuntaskan tugasnya di dunia. Selamat jalan ‘Emak’, engkau akan selalu memiliki tempat di hati kami, pencinta film dan seni Indonesia. (*)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!