Jumat Agung atau Misa Jumat Agung merupakan rangkaian ibadah pada hari-hari suci umat Kristiani.
Hari Suci Jumat Agung yang diperingati umat Kristiani. (Foto: Freepik)

Hari ini, Jumat (7/4/2023), umat Kristiani di seluruh dunia memperingati Jumat Agung

Sehari sebelumnya, pemeluk Kristen mengikuti Kamis Putih yang biasanya ditandai dengan pembasuhan kaki. Saat perjamuan terakhir, Yesus membasuh kaki para muridNya.

Lalu pada hari Minggu akan dilaksanakan Hari Paskah. Itu semua merupakan rangkaian peringatan kematian hingga kebangkitan Yesus Kristus yang diimani oleh umat Kristiani di seluruh dunia.

Jumat Agung merupakan momen peringatan dari penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di Bukit Golgota. Mengutip katadata.co dari buku ‘Kristen Kharismatik’ (2006) oleh Samuel, Jumat Agung merupakan hari ketika Yesus Kristus wafat di kayu salib setelah disalibkan. Kejadian ini bukan sebuah hukuman, melainkan pemikulan dan penebusan dosa umat manusia di seluruh dunia.

Makna Jumat Agung

Masih melansir dari katadata.co.id, istilah ‘Agung’ yang disematkan pada hari Jumat lahir dari kejadian Yesus disalib, bukanlah hukuman. Melainkan bentuk entitas pengorbanan dan kasih sayangnya kepada umat manusia. 

Pada hari peringatan Jumat Agung sendiri dipenuhi dengan kegiatan ibadah umat Kristiani. Seperti pembacaan kisah masa sulit yang telah dilalui Yesus selama dakwahnya di dunia, hingga akhrinya wafat di kayu salib.

Menurut Pastor Emanuel da Santo, mengutip dari laman Komisi Kateketik Konferensi Waligereja Indonesia, bahwa pada era Romawi Kuno salib merupakan sebuah bentuk perwujudan dari hukuman berat.

Kejadian penghukuman ini bermula ketika Yesus menjalani perjamuan malam terakhir. Bersama dengan para muridnya, berdoa di Taman Getsemani. Momen ini yang kemudian melahirkan istilah Kamis Putih. Pada saat berdoa, Yesus ditangkap oleh sekelompok pasukan Romawi dan dibawanya untuk menjalani penghakiman.

Ada sebuah penghianatan yang dilakukan oleh murid Yesus. Adalah Yudas Iskariot, yang membocorkan keberadaan Yesus dan diserahkan ke hadapan Hanas, penganut Yahudi yang fanatik. Hal ini dilakukan Yudas, semata-mata karena tergiur oleh duniawi.

Kegiatan ibadah yang dijalani pada hari Jumat Agung berupa Misa Kudus dan perenungan tentang penderitaan dan kematian Kristus. Perenungan ini dimaksudkan agar umat Kritiani dapat menjaga keheningan dan merenungkan arti dari pengorbanan Kristus untuk keselamatan umat manusia.

Hingga kemudian umat Kristiani bisa lebih menghargai hidup dan berbuat kebaikan demi perjuangan yang telah diberikan Kristus. Selain perenungan, diharapkan umat Kristiani menyertakan segala hal-hal buruk dan dosa yang dilakukan. 

Yang mana dapat menumbuhkan kekuatan baru dalam iman tiap umat Kristiani serta dapat mensyukuri segala yang dimiliki.

Ilustrasi Yesus disalib. (Sumber foto: Pinterest)

Misa Jumat Agung

Melansir dari Berita Satu, pelaksanaan Misa Jumat Agung di dalam Gereja Katolik berselimut keheningan dan kesederhanaan. Di mana tidak ada bentuk dekorasi pada dinding gereja, dan hiasan seperti bunga yang diletakkan pada altar.

Bagi umat Katolik, perayaan hari Jumat Agung didapati tradisi upacara penghormatan salib Yesus. Satu persatu dari umat Kristiani akan bergantian mencium kaki Yesus yang tergantung pada salibnya.

Kegiatan ini merupakan representasi dari ungkapan syukurnya ke hadapan Yesus Kristus yang rela mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan umat manusia dari seluruh dosa-dosa. (*)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!