Presiden Jokowi berharap besar pada puncak bonus demografi di 2030 mendatang. Menjadi Indonesia yang semakin hebat dan bermartabat, di dalam maupun luar negeri.
Poster HUT ke-78 RI. (Foto: jokowi/instagram)

Momen bersejarah serta membanggakan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, disemarakkan setiap tanggal 17 Agustus. Berbagai acara dan kegiatan diselenggarakan, baik di tingkat RT sampai Istana Kepresidenan RI. Semata-mata kegiatan ini untuk merefleksikan dan menghayati perjuangan bangsa Indonesia, dalam mengusir penjajah dari tanah air.

Presiden RI, Joko Widodo, menjadi inspektur upacara di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Kamis (17/8/2023) pagi.

Serangkaian acara dimulai sejak pukul 8.30 WIB. Hal ini sesuai dengan surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B- 761 /M/S/TU.OO.04/08/2023 tentang pedoman peringatan HUT ke-78 RI Tahun 2023.

Melansir Kompas, sebagai pembuka rangkaian acara, kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dari kawasan silang Monumen Nasional menuju kawasan Patung Arjuna Wijaya Jalan Medan Merdeka Barat, lalu ke halaman Istana Merdeka.

Kemudian, pada pukul 09.00 WIB sejumlah pertunjukan kesenian ditampilkan di halaman Istana Merdeka. Acara berlanjut dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Seusai upacara dilaksanakan, ditampilkan juga telekonferensi dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur secara virtual.

Sebagai penutup acara pembukaan, unjuk gigi atraksi pesawat udara dari TNI Angkatan Udara (AU) dan Kepolisian Republik Indonesia dilangsungkan.

Sang Saka Merah Putih diturunkan melalui upacara yang juga dipimpin oleh Jokowi. Didahului dengan pertunjukkan kesenian pada pukul 15.45 WIB. Kemudian upacara penurunan bendera dilaksanakan pada 17.00 WIB.

Masih dilansir dari surat yang sama, dijelaskan bahwa upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI hingga Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di halaman Istana Merdeka.

Sejumlah tamu undangan hadir mengenakan pakaian adat yang beragam, dari Sabang sampai merauke. Para tamu undangan upacara terdiri dari pimpinan lembaga negara, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara-negara sahabat di Jakarta, dan tamu undangan lainnya, serta masyarakat yang telah mendaftar secara online.

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

Jokowi melaksanakan ziarah sebagai salah satu agenda peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Pusat, pada Kamis (17/8/2023) dini hari.

Sebagai pemimpin apel kehormatan dan renungan suci malam itu, Jokowi membacakan naskah pidato yang mengandung bentuk penghormatan bangsa atas jasa pahlawan di masa lampau.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” kata Jokowi

Kemudian orang nomor satu RI ini turut mendoakan para bunga bangsa agar ditempatkan di sisi-Nya.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Sebagai tambahan informasi, para pahlawan kemerdekaan yang disemayamkan di TMP Kalibata berjumlah 10.304. Dengan perincian 9.276 pahlawan dari TNI dan Polri, 913 pahlawan dari Badan Perjuangan, 72 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal.

Sehari sebelumnya, Presiden asli Solo ini menyinggung strategi negara untuk memanfaatkan kualitas bonus demografi Indonesia di 2030. Serta kebangkitan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Melansir setkab.go.id, Pidato Kenegaraan ini disampaikan Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, pada Rabu (16/8/2023) kemarin.

“Bapak, Ibu, Saudara-saudara se-Bangsa & se-Tanah Air,Para hadirin yang saya muliakan. Bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045. Enam puluh delapan persen adalah penduduk usia produktif. Di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita,” ujar Jokowi.

Menurut pidatonya, Indonesia akan masuk dalam deretan posisi negara 5 besar kekuatan ekonomi dunia.

“Ini yang bolak-balik saya sampaikan di setiap kesempatan. Bahwa Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi menjadi negara 5 besar kekuatan ekonomi dunia. Kita punya kesempatan.” jelasnya.

Tema HUT ke-78 RI

Melansir Detik, tema HUT ke-78 RI resmi ini telah dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia, yang tercantum dalam Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia. Yakni 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju' sebagai tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 RI.

Diyakini, tema yang diusung pada gelaran HUT RI ke-78 ini merefleksikan api semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan estafet perjuangan. Tentu perjuangan yang dimaksud tidak lagi pada peperangan, namun bahu-membahu membangun negeri. Saling berkolaborasi dan padu padan mewujudkan momentuk kemerdekaan menuju Indonesia Maju.

Tidak hanya terpacu oleh hari ini, namun terus berkelanjutan melaju bersama, serta membekali diri dengan semangat perjuangan. Dalam upaya membangun negeri, menuju Indonesia Emas 2045.

Selaiknya olahraga estafet, yang memencerminkan semangat kolektif, harmoni, kolaborasi, dan sinkronisasi irama antara gerak tubuh dan sinergi pikiran dari tiap pelari, menuju satu tujuan.



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!