Genap sudah peringatan Hari Pelanggan Nasional diperingati, sejak kelahirannya pada 2003 silam.
Logo Hari Pelanggan Nasional. (Foto: haripelanggan)

Hari Pelanggan Nasional (HarPelNas) merupakan momen penting bagi ekosistem perniagaan di Indonesia. Telah berjalan selama 20 dekade, Hapelnas diperingati setiap tanggal 4 September.

Sejak dirumuskannya Hari Pelanggan Nasional pada 2003 silam, banyak menyuntikan energi positif, baik bagi para produsen maupun konsumen. Hari nasional ini tentunya diharapkan mampu meningkatkan kesadaran untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen.

Melansir laman web Hari Pelanggan, penggagas HarPelNas sekaligus CEO Frontier Group, Handi Irawan D., mengingatkan bahwa ketulusan dan keramahan dengan pendekatan humanis, menguatkan roda perniagaan.

“Mari jadikan Hari Pelanggan Nasional 4 September 2023 sebagai momen puncak apresiasi terhadap pelanggan dimana segenap Pemimpin Perusahaan memberikan keteladanan dalam melayani pelanggan, bahwa pelayanan yang tulus dan interaktif di hari pelanggan tetap memerlukan human touch ditengah era Al yang mengandalkan teknologi semata.” kata Handi dalam poster HarPelNas.

Poster perayaan Hari Pelanggan Nasional. (Foto: haripelanggan)

Tidak serta merta klaim pribadi, Hari Pelanggan Nasional bukanlah milik Frontier Group, perusahaan swasta, ataupun BUMN, melainkan milik nasional. Setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari HarPelNas, yang merupakan buah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun  mengamati pergerakan berbagai perusahaan di Indonesia.

Semua upaya ini bermuara pada tujuan untuk menciptakan ekosistem bisnis, di mana pelanggan puas, pelanggan loyal, perusahaan maju dan akhirnya negara pun maju.

Pada peringatan ke-20, HarPelNas mengusung tema ‘Melayani Pelanggan di Era Artificial Intelligent (AI)’. Menautkan dengan yang dikatakan Handi dalam poster HarPelNas “di hari pelanggan tetap memerlukan human touch”, kerja sama dan kerja tepat antara sentuhan humanis dan kecerdasan buatan harus selaras.

Jejak Historis Hari Pelanggan Nasional

Jejak Historis Hari Pelanggan Nasional Poster sejarah Hari Pelanggan nasional. (Foto: haripelanggan)

Melansir Liputan 6, HarPelNas telah disahkan sejak tahun 1983 oleh Presiden Soeharto lewat Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 1983, meski begitu Hari Pelanggan Nasional dicetuskan pertama kali oleh Handi Irawan, CEO Frontier Group.

di tahun pertama perayaan, HarPelnas diresmikan langsung oleh presiden ke-5 Republik Indonesia yaitu Megawati Seokarnoputri, pada 2003 silam.

Awalnya, peringatan ini dilakukan untuk menghormati upaya badan usaha pemerintah dan lembaga bisnis swasta perihal melindungi hak-hak konsumen. Sejalan dengan waktu, tujuan ini berkembang menjadi lebih dari sekadar mengakui hak-hak.

Hari Pelanggan Nasional kemudian juga dijadikan sebagai momentum keberangkatan dan kebangkitan, demi menghargai peran konsumen dalam kemajuan ekonomi.

Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas telah dirayakan lebih dari 500 perusahaan di Indonesia. Melalui perayaan ini juga terdapat sekitar 200 jajaran direktur utama dari berbagai perusahaan dan direktur BUMN yang hadir, saat awal peresmian.

Makna Logo Hari Pelanggan Nasional

Melansir Hari Pelanggan, HarPelNas memiliki logo atau maskot khusus. Logo yang digunakan adalah logo yang melambangakan senyum manusia dengan dasar warna hijau.

Logo ini gubah oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini, mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan. Warna hijau ialah representasi kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan.

Sedangkan tipologi huruf kecil mewakili sifat rendah hati, serta komitmen untuk terus belajar dan berkembang.



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!