Google menyadari bahwa AI membawa sejumlah masalah kompleks, termasuk kekhawatiran terkait dengan keadilan, informasi yang tidak benar, dan keamanan.

Google telah meluncurkan Proyek Masa Depan Digital, sebuah inisiatif penting yang bertujuan untuk memahami dampak mendalam kecerdasan buatan (AI) terhadap masyarakat. Proyek ini bertujuan untuk mengumpulkan wawasan dari berbagai sektor, termasuk dunia akademis, kebijakan publik, dan masyarakat sipil, untuk mencerahkan peluang dan tantangan yang ditawarkan oleh AI.

Di tengah inisiatif ini terdapat dana sebesar $20 juta yang dikelola oleh Google.org, yang berkomitmen untuk memberikan hibah kepada lembaga pemikir dan institusi akademis yang diakui secara global.

Tujuannya adalah untuk mendorong penelitian yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci seputar AI, mulai dari dampaknya terhadap keamanan global hingga pengaruhnya terhadap struktur ketenagakerjaan dan ekonomi.

Inisiatif ini mencerminkan keyakinan Google bahwa AI memiliki potensi untuk merevolusi berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari perawatan kesehatan hingga perencanaan perkotaan.

Namun, Google juga menyadari bahwa AI membawa sejumlah masalah kompleks, termasuk kekhawatiran terkait dengan keadilan, informasi yang tidak benar, dan keamanan.

Dengan mendukung pemikir dan peneliti independen, perusahaan bertujuan untuk memfasilitasi dialog multilateral mengenai isu-isu kebijakan publik terkait AI.

Proyek ini telah mengumumkan penerima hibah perdana, termasuk organisasi terkenal seperti Aspen Institute, Brookings Institution, dan MIT Work of the Future.

Google telah menekankan bahwa dana ini akan mendukung lembaga-lembaga di seluruh dunia dan berencana untuk merilis lebih banyak detail dalam waktu dekat.

Inisiatif ini membangun atas komitmen berkelanjutan Google dalam pengembangan AI yang bertanggung jawab, yang mencakup seperangkat Prinsip AI yang komprehensif dan pembentukan tim tata kelola untuk mengawasi pelaksanaannya.

Dedikasi perusahaan untuk memajukan penelitian tentang isu-isu terkait AI, seperti keadilan dan privasi, telah terlihat melalui keterlibatannya dalam studi-studi terkait industri.

Google mengakui bahwa pengembangan AI yang bertanggung jawab bukanlah usaha perusahaan semata, tetapi tanggung jawab bersama yang melibatkan berbagai sektor.

Proyek Masa Depan Digital merupakan langkah signifikan untuk memfasilitasi diskusi dan penelitian yang dapat membantu masyarakat menjelajahi dampak transformatif AI.

Selain proyek ini, Google juga bergabung dengan perusahaan teknologi besar lainnya dalam pembentukan Frontier Model Forum, yang bertujuan untuk mempromosikan praktik pengembangan AI yang bertanggung jawab.(*)



Petualang digital yang hobi menikmati kopi nusantara. Pemain game FPS dan Moba yang terjerumus dalam dunia pencatatan sejarah.

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!