Gibran dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses. Ia merintis berbagai usaha, antara lain Chilli Pari (katering), Markobar (martabak), Mangkokku (masakan rumahan), dan Gibran Snack (kripik singkong).

Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo, Jawa Tengah pada 1 Oktober 1987. Ia merupakan putra sulung dari Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi.

Gibran menempuh pendidikan di SDN Mangkubumen Kidul Surakarta, SMPN 1 Surakarta, dan Orchid Park Secondary School di Singapura. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan S1 di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan S2 di Inholland University Amsterdam, Belanda.

Karir Bisnis Gibran Rakabuming

Sebelum terjun ke dunia politik, Gibran dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses. Ia merintis berbagai usaha, antara lain Chilli Pari (katering), Markobar (martabak), Mangkokku (masakan rumahan), dan Gibran Snack (kripik singkong).

Karir Politik Gibran Rakabuming

Pada tahun 2020, Gibran maju sebagai calon Walikota Solo dan berhasil memenangkan Pilkada dengan perolehan suara 86,56%. Ia dilantik sebagai Walikota Solo pada 26 Februari 2021.

Prestasi Gibran Rakabuming

Sebagai Wali Kokota Solo, Gibran telah menorehkan beberapa prestasi, antara lain:

  • Penataan kawasan Solo Grand Mall (SGM)
  • Revitalisasi Taman Balekambang
  • Penataan kawasan Sriwedari
  • Penataan Kampung Kauman
  • Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Sebagai putra presiden, Gibran tak luput dari kontroversi. Beberapa pihak mengkritiknya karena dianggap memanfaatkan nepotisme untuk menduduki jabatan politik. Pada Pilpres 2024, Gibran diusung oleh beberapa partai politik sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Namun, meski demikan Gibran Rakabuming Raka adalah sosok pengusaha muda yang sukses dan kini menjabat sebagai Walikota Solo. Ia diusung sebagai cawapres di Pilpres 2024 dan menjadi salah satu figur yang paling diperhitungkan dalam kontestasi politik mendatang.

 



Petualang digital yang hobi menikmati kopi nusantara. Pemain game FPS dan Moba yang terjerumus dalam dunia pencatatan sejarah.

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!