Makanan khas Bandung, Colenak sangat pas dinikmati saat hawa dingin.

Warga Kota Bandung tentunya mengenal kuliner jadul yang berbahan dasar singkong, Colenak. Kuliner khas Bandung ini merupakan perpaduan singkong dengan bumbu kelapa dan gula aren.

Sebagai salah satu makanan camilan, Colenak hadir sejak 1930 pada masa era sang Proklamator, Ir Soekarno ada kala itu. Singkong bakar yang rasanya manis itu jadi lebih enak bila disajikan dengan teh panas. 

Makanan ini juga sangat pas untuk mengangatkan diri dari hawa dingin Kota Bandung. Apalagi jika kuliner 'Legend Kota Bandung' ini disajikan sebagai menu bagi para tamu penyuka jajanan manis yang berada di luar kota, tentunya akan membawa sensasi tersendiri. 

Banyak orang biasanya lebih mengenal menu singkong yang disajikan melalui proses kukus, goreng atau ditiriskan. 

Namun, bila singkong diolah melalui fermentasi, lalu dibakar hingga hangat, maka colenak hasilnya. Ada orang yang suka sajian colenak dengan bumbu original, tetapi ada juga yang menyenangi rasa lain.(*)

Foto: Asian Food Network

Sumber berita asli ada di TIMES Indonesia dengan judul Colenak Murdi Putra, Kuliner Legend dari Bandung yang Banyak Diburu.

 



Petualang digital yang hobi menikmati kopi nusantara. Pemain game FPS dan Moba yang terjerumus dalam dunia pencatatan sejarah.

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!