Praktik Blackface yang telah lama ada di Eropa kuno kembali dilakukan oleh pemuda asal Indonesa.

Keputusan Disney memilih Halle Bailey, aktris kulit hitam untuk memainkan peran Ariel dalam Live Action Little Mermaid memang mendapatkan banyak komentar negatif dari warga net. Hingga seorang konten kreator TikTok asal Indonesia melakukan praktik blackface untuk memparodikan tentang hal ini. 

Dilansir dari vox.com, dalam bukunya yang berjudul Black Like You (2006), John Strausbaugh menjelaskan bahwa praktik blackface sendiri mulanya adalah instrumen teatrikal Eropa kuno. Di Eropa, putih berarti terang, siang hari, baik, dan aman; sedangkan hitam mempunyai makna malam, kegelapan, buruk, serta bahaya.

Sehingga apabila seorang memerankan tokoh yang diwarnai hitam, bukan berarti untuk penanda bahwa mereka berasal dari Afrika, melainkan itu adalah cara simple mereka untuk mengatakan bahwa mereka adalah makhluk malam dan penuh kegelapan.

Mulai muncul pada abad 19, praktik ini dilakukan ketika Amerika tidak mengizinkan warga berkulit hitam untuk ikut serta dalam teater. Tak hanya riasan berwarna hitam, olokan, diskriminatif, serta rasisme dilakukan di waktu yang sama.

Seiring berkembangnya zaman dan bertambahnya ilmu mengenai menghargai perbedaan, praktik ini ternyata masih dilakukan. Video dengan nama pengguna @jossmarchel tersebut menuai kecaman dari netizen dan komunitas kulit hitam, akun pria ini ramai dikunjungi saat memparodikan black kids yang sedang menonton trailer Live Action Little Mermaid. Setelah viral, video tersebut di-stitch oleh wanita berkulit hitam.

Pengguna yang sudah bercentang biru dengan nama Stormi Maya itu memberikan ekspresi kesalnya akan praktik blackface yang masih dilakukan pemuda asal Indonesia itu.

Why do y’all hate us so much!!??” tulisnya dalam video. Ia tak menyangka seseorang masih melakukan praktik blackface di tahun 2022. Dalam kolom komentar juga terlihat beberapa pengguna asal Indonesia yang merasa malu dengan kelakuan Joss Marchel. Seiring bertambahnya komentar, video parody tersebut akhirnya dihapus oleh pemiliknya.  (*)

Foto: capture video stitch oleh Stormi Maya (Sumber: @ultimatecinner/TikTok)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!