Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, dua lembaga ini menyediakan hewan kurban.
Ilustrasi hewan kurban Hari Raya Idul Adha 2023. (Foto: google)

Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), Idul Adha, resmi ditetapkan pemerintah pada 29 Juni 2023, besok.

Melansir CNN Indonesia, hal ini disepakati bersama dalam forum sidang Isbat. Setelah meninjau hasil rukyat hilal dan hisab oleh tim hisab rukyat Kementerian Agama, di 99 titik di seluruh Indonesia.

"Sidang isbat secara mufakat bahwa 1 Dzulhijjah 1444 Hijriah jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juni 2023 Masehi dan hari raya Idul Adha jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 masehi," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi saat mengabarkan hasil sidang isbat di Kantor Kemenag, mengutip CNN Indonesia.

Adapun Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, menetapkan Hari Idul Adha pada tanggal 28 Juni 2023. Keputusan ini didasarkan pada kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Senada dengan penetapan Hari Raya Idul Adha, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, mengingatkan umat Islam secara khusus. Untuk dapat memahami dan menerima perbedaan tanggal Hari Raya Idul Adha.

"Maka sikap yang sudah dibangun yaitu adanya toleransi, sikap saling mengerti, dan saling memahami adanya perbedaan itu yang, artinya sudah lama kita sudah bertahun-tahun," kata Ma'ruf di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, masih mengutip sumber yang sama.

Hewan Kurban Baznaz dan Dompet Dhuafa

Hari Lebaran Haji, atau yang hiasa disebut Hari Raya Idul Adha, merupakan salah satu hari suci umat Islam.

Hari besar ini identik dengan ritual penyembelihan hewan kurban. Di Indonesia umumnya seperti sapi, domba, dan kambing.

Dua badan amal nasional, Basan Amil Zakat Nasional (Baznaz) dan Dompet Dhuafa, menyediakan fasilitas hewan kurban bagi masyarakat yang ingin berkurban. (*)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!