Berlindung di belakang tawa, di dalam hati tersisa ragu. Potongan lirik lagu Masalah Masa Depan by Hindia.
Penampilan Baskara saat manggung (Foto: wordfangs/instagram).

Hindia (Baskara Putra) merilis sebuah lagu baru bertajuk ‘Masalah Masa Depan’ dan diedarkan oleh Sun Eater di pelbagai platform musik, Rabu (5/4/2023). Mengenai lagu, penuh akan kerisauan dan pertentanganya menghadapi masalah-masalah di dunia.

“Lagu ini tentang keputusasaan menghadapi berbagai permasalahan makro yang akan datang, seperti kenaikan harga, degradasi lingkungan, dan seterusnya," kata Hindia melalui keterangan pers, melansir dari Media Indonesia.

Poster album lagu 'Lagipula Hidup Akan Berakhir' (Foto: worfangs/instagram)

Lagu ini merupakan single kedua dalam album keduanya, ‘Lagipula Hidup Akan Berakhir’. Sebagai informasi, album kedua ini akan rilis dalam dua bagian. Kedua bagian ini sama-sama rilis pada 7 dan 21 Juli mendatang.

Digubah bersama oleh Basakara Putra dan produser musiknya, Enrico Octaviano. Masalah Masa Depan berisikan keresahan dibalut dengan alunan irama musik disko.

Selalu ada ciri khas seorang Baskara, entah itu saat ia menjadi Hindia, melebur di .Feast atau pun Lomba Sihir. Liriknya yang kebanyakan memang bertemakan resah hati. Seperti halnya lagu Masalah Masa Depan.

“Bagaimana caranya membicarakan masalah masa depan jika hari ini saya masih berurusan dengan diri sendiri?” tulis caption di unggahan akun isntagramnya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan menciptakan banyak lagu merupakan satu-satunya cara berbicara banyak hal, dan kabur dari perspektif yang mungkin sensitif pada medium lain.

Berkenaan dengan lagu sebelumnya, yang menjadi pembuka dari album Lagipula Hidup Akan Berakhir, Janji Palsu, rilis pada awal Maret dan telah diputar sebanyak 100.000 kali di Spotify, dan 64.000 kali di You Tube.

Kalau Janji Palsu merangkum masalah secara personal, sedang Masalah Masa Depan berkaitan dengan masalah makro.

“Jadi ini perihal tekanan yang gue dapatkan secara makro sebagai bagian dari generasi gue dalam melihat dan merespon apa yang sedang terjadi di dunia ini,” ujar Baskara dalam keterangannya.

Pencapaian lagu Janji Palsu menurutnya cukup mengesankan. Dengan pembatasan konten bermuatan dewasa, namun telah dikonsumsi sebanyak itu. Baginya, para pendengar sudah siap dengan karya-karya terbarunya.

Tentu, tidak serta merta dikomparasikan dengan album ‘Menari dengan Bayang’, album fenomenalnya sejak tahun 2019. Dengan sederet pencapaian dari karya yang ia persembahkan, Baskara tak larut dalam euforia semacam itu.

“Gue selalu gunakan lagu-lagu Hindia sebagai proses untuk gue mengenal diri. Saya tak bisa bicara untukmu atau hal yang kamu rasakan saat mendengarkan lagu tertentu. Album ini terapi bagi saya, tapi yang pasti bukan ’obat’, dan bukan tahap proses ‘healing’,” pungkasnya. 

Hindia - Masalah Masa Depan (Lyric Visualizer)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!