Perkara Tubuh merupakan lagu ketiga dari album Lagipula Hidup akan Berakhir.
Poster digital single 'Perkara Tubuh'. (Foto: wordfangs/instagram)

Hindia kembali hadir dengan single terbarunya 'Perkara Tubuh'. Lagu ini dijadwalkan tayang di kanal You Tube Hindia, Kamis (18/5/2023).

Seperti lagu-lagu Hindia sebelumnya, 'Perkara Tubuh' diedarkan oleh Sun Eater di berbagai platform musik digital pada 18 Mei 2023. 

Hindia - Perkara Tubuh (Official Music Video)

https://youtu.be/UEwX9wCP1XY

Single terbaru ini merupakan lirisnya yang ketiga dalam album 'Lagipula Hidup akan Berakhir'. 

Masih menyinggung masalah personal. Lagu terbaru Daniel Baskara Putra (Hindia) bercerita tentang ketidaknyamanan dan ketidakberdayaan dengan dirinya sendiri. 

Menurut sudut pandang vokalis .Feast dan Lomba Sihir ini, memiliki kepercayaan diri itu sangat sulit. 

"Dan saya memiliki rasa hormat yang tinggi untuk mereka yang bisa nyaman dengan tubuh masing-masing,” kata Hindia, mengutip dari siaran tertulis yang diterima kumparan, Rabu (17/5).

Single 'Perkara Tubuh' tidak diproduseri oleh Enrico Octaviano. Berbeda dari single 'Janji Palsu' dan 'Masalah Masa Depan' yang masing-masing rilis pada 3 Maret dan 4 April lalu.

Kali ini tim Hindia bekerja sama dengan Kareem Soenharjo. Atau yang bernama panggung BAP., atau juga BAPAK. BAP. juga menjadi produser musik dalam lagu lainnya di album Lagipula Hidup akan Berakhir.

Selain itu dalam hal proses penciptaan lagu 'Perkara Tubuh' pun berbeda dengan dua lagu pendahulunya. 

Melansir dari Kumparan, single 'Perkara Tubuh' menggunakan materi musik yang tersedia dalam arsip BAP. yang dinilai selaras dengan topik yang diangkat Hindia.

“Instrumentasi dan format lagu ini selesai jauh lebih dulu dibanding lirik dan temanya. Mendapatkan sudut pandang yang spesifik untuk membicarakan topik ini butuh waktu yang cukup lama, yaitu satu tahun lebih dari pertama kali musik lagu ini selesai,” kata Hindia.

Lagu ini diolah sedemikian rupa oleh BAP. dengan bentuk beat seminimalis mungkin. 

Menciptakan suasana intim dalam mencurahkan kegelisahan yang dirasakan oleh tubuhnya sendiri.

Hal ini membuat lagu 'Perkara Tubuh' terdengar unik diantara diskografi musiknya yang lain. Sehingga cocok dimasukkan dalam deretan lagu album Lagipula Hidup akan Berakhir.

“Menurut saya ia salah satu lagu yang dengan jelas memperlihatkan perbedaan album pertama dan album kedua dari sudut pandang menanggapi sebuah perasaan,” ujar Hindia.

Meski begitu, pertama kali mendengarkan lagu 'Perkara Tubuh' mungkin akan terasa aneh bagi orang dengan masalah yang sama. Bagaimana pun kegelisahan yang dialami pendengar lagu-lagu Hindia kesulitan dalam mengutarakan keresahan mereka.

Jika mendengarkan lagunya sampai bait terakhir, akan ditemukan penggalan lirik 'Aku tak nyaman dengan batinku, Kau juga kabari jika begitu'. Ini menjadi sebuah pesan positif bagi yang merasa masalah ketidakpercayaan. Bahwa mereka tidak berjalan sendirian.

Usai merampungkan lagu 'Perkara Tubuh', Baskara menjadi sosok yang lebih mawas diri.

“Sulit mengakui bahwa ketidakpercayaan diri itu semua ada di diri gue. Saya jadi makin mawas dengan semua hal itu setelah menulis ini," sambung Hindia.

 

 



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!