Korea Utara yang identik dengan negara tertutup punya girl band bernama Moranbong.

Korea Utara (Korut), negara berhaluan komunis yang 'bersaudara' dengan Korea Selatan (Korsel) ternyata memiliki girl band lho. Namanya Moranbong. Uniknya, yang memilih para personelnya adalah Kim Jong Un, pemimpin sekaligus Presiden Korea Utara.

Moranbong didirikan pada Juli 2012, sekitar 11 tahun lalu. Bisa dibilang satu generasi dengan Blackpink asal Korsel yang populer di jagat hiburan.  

Bagaimana terbentuknya Moranbong? Singkatnya, Presiden Kim Jong-un membuat sebuah grup musik khusus perempuan. Ia memilih para anggotanya. Terbentuklah Moranbong.

Moranbong dalam bahasa Indonesia berarti Band Bukit Peoni. Anggotanya berjumlah lima perempuan Korea Utara. Mereka direkrut dari angkatan bersenjata.

Kehadiran Moranbong ke dunia musik Korea Utara, menurut The Guardian, menandai mulai adanya keterbukaan terhadap pengaruh budaya barat.

Girlband Korut ini sudah tampil beberapa kali sejak berdiri hingga 2018. Saat tampil perdana di 2012, para personel Moranbong memakai kostum warna-warni sambil menari.

Keahlian para anggotanya nggak hanya vokal, tapi bermain alat musik seperti saksofon, gitar, bass, drum, hingga biola.

Moranbong - My Country is the Best

Selain tampil perdana di awal terbentuk, Moranbong beraksi di sejumlah acara, di antaranya malam perayaan Tahun Baru 2013, demonstrasi seni bela diri pada April 2013.

Pada 2015, Moranbong unjuk aksi saat kedatangan delegasi Kuba, negara yang dikenal dengan tokoh revolusioner Fidel Castro. Pun saat peluncuran roket pada Februari 2016, girlgrup Korut ini menunjukkan penampilannya.

Moranbong disebut kerap berganti personel. Seperti pada 11 Desember 2015, terjadi perubahan anggota. Tidak diketahui alasan pergantian tersebut. 

Soal lagu-lagunya, bayangkan musik yang populer di era 1970-an, dengan lirik nasionalisme Korea Utara. (*)

Foto: Girl band asal Korea Utara, Moranbong (AFP/Ed Jones)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!