Hasil riset Populix menunjukkan Shopee Live jadi fitur live streaming shopping paling populer
Ilustrasi live shopping. (Foto: Freepic.com)

Hasil riset terbaru yang dirilis oleh Populix pada Jumat menunjukkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming shopping yang paling populer di antara para konsumen. Riset tersebut dilakukan pada rentang waktu 12-23 Mei 2023 dengan melibatkan 506 responden dari berbagai daerah di Indonesia, yang memiliki usia antara 17 hingga 45 tahun dan berbagai jenis pekerjaan.

Menurut hasil riset tersebut, Shopee Live berhasil menjadi yang pertama terlintas di pikiran 61 persen dari total responden. Diikuti oleh TikTok Live dengan 30 persen, LazLive dengan 4 persen, dan Tokopedia Play dengan 2 persen. Shopee Live juga menjadi fitur live streaming shopping yang paling sering digunakan oleh konsumen dengan persentase sebesar 69 persen.

Head of Research Populix, Indah Tanip, menjelaskan bahwa Shopee Live tidak hanya diingat oleh konsumen, tetapi juga sering digunakan oleh mereka. Dalam riset ini juga ditemukan bahwa Shopee Live mendominasi pangsa pasar jumlah transaksi (share of order) dan pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue) dalam enam bulan terakhir.

Shopee Live berhasil memimpin dengan persentase 56 persen dalam share of order, diikuti oleh TikTok Live dengan 30 persen, Tokopedia Play dengan 8 persen, dan LazLive dengan 6 persen. Sedangkan dalam share of revenue, Shopee Live kembali mendominasi dengan persentase 54 persen, disusul oleh TikTok Live dengan 31 persen, Tokopedia Play dengan 10 persen, dan LazLive dengan 6 persen.

Riset ini juga menemukan bahwa konsumen lebih sering membeli produk-produk dalam kategori fesyen saat live streaming, diikuti oleh kecantikan, perawatan, kesehatan, gaya hidup, perlengkapan rumah, elektronik, produk sehari-hari (FMCG), dan perlengkapan ibu dan anak atau bayi. Shopee Live menjadi tempat utama bagi konsumen untuk membeli produk-produk dalam berbagai kategori ini.

Selain itu, Shopee Live juga dinilai memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitornya dalam beberapa aspek. Fitur ini menawarkan gratis ongkos kirim terbanyak, harga paling murah, promosi spesial untuk live shopping yang paling banyak, diskon paling besar, dan cashback dengan nominal terbesar. Shopee Live juga menawarkan pilihan produk yang paling banyak, merek yang paling lengkap, koleksi kategori barang yang paling lengkap, serta fitur, konten, dan mitra brand yang menarik bagi konsumen.

Indah menjelaskan bahwa dominasi Shopee Live dalam pasar live streaming shopping ini dapat disebabkan oleh dua faktor utama. Pertama, konsumen yang menggunakan Shopee Live sangat familiar dengan penawaran yang disediakan oleh platform tersebut sehingga mereka mampu mengidentifikasi dengan baik atribut-atribut promosi yang ditawarkan. Kedua, konsumen belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa yang dilakukan oleh kompetitor lainnya.

"Dalam hal ini, meskipun Tokopedia Play, TikTok Shop, dan LazLive menawarkan promosi yang serupa, mungkin tidak sekuat yang ditawarkan oleh Shopee Live," tambah Indah.

Dengan dominasi yang begitu kuat, Shopee Live terus membuktikan dirinya sebagai pemimpin dalam industri live streaming shopping di Indonesia. Konsumen dapat dengan nyaman berbelanja produk favorit mereka melalui fitur ini yang menawarkan berbagai promosi menarik dan pengalaman belanja yang interaktif. (*)

*Artikel serupa juga tayang di Antara dan TIMES Indonesia.



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!