Penggunaan obat antibiotik secara asal atau tidak tepat dapat berakibat fatal pada tubuh manusia.
Ilustrasi antibiotik. (Foto: health.grid.id via Tribunnews)

Dokter Spesialis Anestesi dan Konsultan Perawatan Intensif, dr. Pratista Hendarjana, Sp. An-KIC, mengingatkan tentang risiko fatal yang dapat timbul akibat penggunaan antibiotik secara tidak tepat dalam perawatan kesehatan manusia. 

Melansir Antara, dr. Pratista menyoroti pentingnya penggunaan antibiotik yang bijaksana, khususnya pada pasien yang menghadapi kondisi serius atau mengancam nyawa.

Menurut dia, antibiotik seharusnya digunakan hanya dalam kondisi tertentu, seperti pada kasus infeksi bakteri atau kondisi medis yang memerlukan penanganan khusus. Penggunaan antibiotik tanpa resep dokter, terutama pada kondisi ringan di rumah, dapat mengakibatkan Resistensi Antimikroba (AMR).

AMR adalah kondisi di mana mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit menjadi kebal terhadap efek obat antimikroba. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang tidak tepat, termasuk takaran dosis yang salah atau pemilihan jenis obat yang tidak sesuai.

Dr. Pratista menjelaskan bahwa AMR merupakan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat, dengan perkiraan 10 juta kematian yang mungkin terjadi pada tahun 2050 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dia menekankan pentingnya pencegahan AMR dengan menghindari penggunaan antibiotik secara sembarangan. WHO telah lama mengingatkan masyarakat tentang bahaya ini, dan pada 2019, diperkirakan 1,27 juta kematian terkait dengan AMR di seluruh dunia. Ia juga mengingatkan bahwa tidak semua penyakit dapat diatasi dengan antibiotik tertentu, dan penggunaan obat-obatan harus didasarkan pada rekomendasi dan pengawasan dokter.

Dalam konteks ini, dr. Pratista mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membeli obat-obatan tanpa resep, karena penggunaan yang tidak tepat dapat memiliki konsekuensi serius terhadap kesehatan. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!