Gen Z mesti didekatkan dengn seni budaya wayang

Seni wayang dekat dengan generasi muda, terkhusus generasi z, masih jadi tantangan. Butuh komitmen dan kolaborasi yang melibatkan berbagai komponen.

Menurut Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Budi Prasetyo, tantangan yang krusial saat ini adalah bagaimana mengajak generasi muda, terutama Gen Z, untuk memahami dan mencintai warisan budaya, khususnya seni wayang.  

"Saat ini, tantangan yang paling penting adalah bagaimana generasi muda, terutama Gen Z, bisa menggali warisan budaya, khususnya wayang, sehingga mereka suka," kata dia.

Pemerintah inginnya ada kolaborasi pentahelix, yang melibatkan lima komponen utama: pemerintah, masyarakat, industri, media, dan kalangan pendidikan. 

Budi Prasetyo berharap kolaborasi tersebut  dapat berjalan dengan baik untuk menjawab tantangan dalam menjaga kelestarian seni wayang.

Ilustrasi wayang orang. (Foto: Creative Common/Erditama)

Wayang bukan hanya sekadar bagian dari warisan budaya, namun juga menjadi Warisan Tak Benda pertama yang diakui oleh UNESCO. 

Dalam era globalisasi ini, wayang menghadapi persaingan yang semakin ketat, termasuk dengan pertunjukan-pertunjukan luar negeri.

Budi Prasetyo mengungkapkan generasi muda saat ini cenderung lebih tertarik pada budaya luar negeri dan seringkali melupakan warisan budaya Indonesia yang begitu berharga. 

Salah satu upaya untuk mendekatkan wayang kepada generasi muda adalah dengan memanfaatkan media digital. 

"Harus diakui, anak-anak sekarang menyukai informasi by demand atau apa yang diinginkan melalui YouTube atau Netflix. Mungkin kalau ada dokumenter wayang yang bisa ditayangkan di situ, barangkali akan lebih bagus," kata dia.

Selain itu, Budi Prasetyo menekankan pentingnya mendapatkan dukungan dan minat dari berbagai pihak untuk menjaga kelestarian wayang. Dalam hal ini, media promosi dan sosialisasi harus memanfaatkan berbagai saluran untuk mencapai target audiens.

strasi seni wayang golek. (Thinkstock/5bf5911a_905)

Dia juga mengakui peran penting yang dimainkan oleh media massa dalam mempromosikan seni wayang. 

"Informasi yang salah saja kalau disebarkan terus menerus bisa dianggap benar. Karena itu, kalau konsep wayang ini terus dipromosikan dan ditampilkan di televisi atau papan iklan, saya yakin wayang ini suatu saat akan menjadi satu produk yang melekat di masyarakat."

Komitmen pemerintah dalam menjaga kelestarian seni wayang dan mendekatkan generasi muda kepada warisan budaya Indonesia menjadi tonggak penting dalam memastikan bahwa seni wayang tetap hidup dan relevan di era modern ini. 

Dengan kolaborasi pentahelix dan upaya bersama, diharapkan seni wayang akan terus berkembang dan dicintai oleh generasi muda. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!