Setiap negara memiliki fakta unik, salah satunya Thailand.
Suasana Central Festival di Pattaya, Thailand. (Foto: Dok Pribadi)

Setiap negara memiliki keunikan yang membedakannya dengan negara lain. Warga negara asing bisa menikmati keunikan tersebut dengan merasakannya secara langsung. Kali ini kita akan membahas fakta-fakta unik saat berada di salah satu negara di Asia Tenggara yaitu Thailand.

Thailand yang disebut-sebut sebagai negara Gajah Putih memiliki beragam keunikan yang perlu diketahui, apa aja keunikannya? Yuk simak di sini.

1. Minum pakai es batu

Es batu sering kita jumpai di berbagai tempat penjual minuman maupun di rumah-rumah. Jika biasanya es batu dikonsumsi ketika seseorang merasa sangat haus, berbeda jika kita berada di Thailand. Kita akan menemukan es batu di berbagai kesempatan, misalnya saja ketika di tempat makan, bertamu, di sekolah selalu disuguhi minuman didampingi dengan es batu. Meskipun kita hanya minum air putih, es batu tetap tersedia. Tidak hanya itu, ketika cuaca terasa dingin pun tak jarang tetap mengonsumsi minuman dengan es batu.

2. Makanan mayoritas asam

Ketika pertama kali ke Thailand, bagi kita yang memiliki lambung sensitif sebaiknya pilih-pilih dulu, karena rasa asam pada makanan sangat terasa. Tapi tenang saja, ketika membeli makanan kita bisa meminta penjual unutuk mengurangi rasa asam dari makanan. Rata-rata masakan Thailand memakai jeruk nipis untuk makanan yang mereka konsumsi, sehingga mayoritas makanan di Thailand memiliki karakteristik asam ketika dikonsumsi.

3. Jam pulang sekolah sama

Jika kita di Indonesia jam pulang sekolah berbeda-beda, tergantung dengan jenjang Pendidikan, berbeda dengan Thailand. Di Thailand siswa TK memiliki jam pulang sekolah yang sama dengan SD yaitu jam setengah 4. Salah satu alasan diberlakukan jam yang sama karena orang tua dari si anak bekerja dan baru bisa menjemput anak mereka setelah jam pulang kerja.

4. Ada jam tidur siang untuk siswa TK 

Tidur siang merupakan kebutuhan dari setiap manusia untuk mengistirahatkan tubuhnya sejenak. Di Thailand siswa TK memiliki jam tidur siang sekitar 1,5 jam atau 2 jam untuk tidur. Mereka tidur di kelas dengan beralaskan kasur lantai kecil atau kasur lipat kecil yang biasanya mereka bawa atau ditinggal di sekolah.

Itu tadi beberapa hal unik ketika pertama kali ke Thailand. Masih banyak lagi keunikan-keunikan yang masih bisa dieksplorasi wisatawan atau pelajar asing yang berkunjung ke negara Gajah Putih ini. Apapun keunikan-keunikan di setiap negara, bisa menjadi pengalaman dan pelajaran yang bermanfaat untuk kita semua. (*)

 



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!