Kamu sering overthinking? Kamu perlu tau gimana mengatasinya.

Overthinking. Kata ini kerap muncul dalam obrolan di media sosial. Kalangan muda atau mahasiswa menjadikannya pembahasan yang relate dengan kehidupan keseharian mereka. Overthinking kerap dimaknai menghambat suatu penyelesaian masalah. 

Overthinking adalah kebiasaan berpikir terlalu banyak tentang suatu hal, bahkan meski hal itu nggak penting atau memiliki solusi yang jelas. 

Wirdatul Anisa, psikolog UGM menerangkan, overthinking adalah menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan serta overthinking dapat berupa ruminasi dan khawatir.

Ruminasi, apa itu? Ruminasi adalah kecenderungan untuk terus memikirkan hal yang telah berlalu. Merasa hari ini akan lebih baik jika kemarin melakukan suatu hal juga merupakan salah satu bentuk masa lalu. Sedangkan khawatir adalah kecenderungan memikirkan prediksi yang negatif.

Kembali ke overthinking. Overthinking bisa menyebabkan stres, kecemasan, dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Orang yang sering overthinking mungkin merasa tidak yakin tentang keputusan mereka, selalu khawatir tentang apa yang akan terjadi, atau merasa tidak dapat mengendalikan situasi.

“Memang bukan hal yang mudah untuk mengubah kebiasaan overthinking,” kata Nurul Kusuma Hidayati, psikolog dan peneliti Central Public Mental Health UGM.

Tips mengatasi overthinking

Menurut Nurul, mengubah kebiasaan overthinking perlu kemauan dan tekad yang kuat. Namun, untuk mengurangi kebiasaan overthinking bisa dimulai dari menyadari apa yang sedang dipikirkan kemudian kita bisa mengarahkan pikiran ke arah yang lebih rasional. (Selengkapnya bisa dibaca di sini)

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu mengatasi overthinking.

Mengurangi waktu untuk berpikir terlalu banyak: Cobalah untuk membatasi waktu yang Anda habiskan untuk berpikir tentang masalah tertentu.

Fokus pada tindakan nyata. Jangan terlalu banyak berpikir tentang masalah, sebaliknya fokuslah pada tindakan nyata yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah.

Latihan relaksasi. Teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau senam dapat membantu Anda mengatasi overthinking dan mengurangi stres.

Berbicara dengan orang lain. Berbicara dengan teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental dapat membantu Anda memproses perasaan dan memperoleh perspektif yang berbeda.

Menulis. Menulis pikiran dan perasaan Anda dapat membantu Anda memahami dan meresapi masalah dengan lebih baik.

Ingatlah bahwa overthinking adalah masalah yang umum dan dapat diatasi. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengatasinya sendiri, cobalah untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental. (*)

Keterangan foto utama. Ilustrasi overthinking. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!