Ada banyak cara diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Berat badan ideal didambakan banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai berat ideal sesuai postur tubuh. Hal itu yang umumnya diupayakan oleh mereka yang kelebihan bobot badan alias kegemukan.  Berikut ini 8 cara diet sehat menurunkan berat badan.

1. Jangan lupa sarapan

Sarapan sangat penting untuk memberikan energi yang diperlukan tubuh. Sarapan bisa membuat merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk ngemil dan makan berlebihan pun berkurang.

2. Makan perlahan-lahan

Kecepatan makan akan memengaruhi seberapa banyak makanan yang masuk sehingga memungkinkan bertambahnya berat badan. Penelitian menyebutkan jika makan secara perlahan bisa mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi saat makan. Selain itu, cara sehat ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan sehat.

3. Minum air putih yang cukup

Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi dari dehidrasi. Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak yang membuat porsi makannya tidak teratur tanpa disadari.

4. Makan makanan mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat larut ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara, dan oat.

5. Hindari minuman manis

Minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan. Dalam menjalankan diet sehat cepat kurus, disarankan untuk menghindari konsumsi minuman manis dan berkalori tinggi.

6. Konsumsi lebih banyak protein

Dilansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, meningkatkan konsumsi protein sebanyak 15-30% membuat kita mengonsumsi lebih sedikit kalori dalam sehari. Dengan begitu porsi makanan yang kita santap per hari pun akan menurun. Cara sehat ini bisa membantu menurunkan berat badan kita.

7. Rutin berolahraga

Selain menjaga asupan makanan, juga disarankan untuk rutin berolahraga apabila ingin menurunkan berat badan. Olahraga kardio dan olahraga yang melatih ketahanan tubuh, seperti angkat beban, merupakan pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

8. Cukup tidur

Tips diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah tidur cukup. Kurang tidur akan mengganggu regulasi makan, yakni meningkatkan nafsu makan sehingga menghasilkan peningkatan asupan kalori dan penambahan berat badan. 

Itulah setidaknya 8 cara diet sehat menurunkan berat badan. Gaskeun! (*)

Sumber foto: Freepik.com

Artikel ini telah tayang di TIMES Indonesia



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!