Kencan daring atau kencan online bukan hal baru di kalangan anak muda.
Ilustrasi kencan daring atau kencan online. (Foto: Shutterstock)

Online dating atau kencan daring kini bukan lagi hal baru dalam dunia kencan, komunikasi, dan koneksi pertama sudah pasti dimulai dari chat atau percakapan pertama yang dilakukan lewat aplikasi. Namun, banyak yang mengalami kesulitan dalam membuat kesan yang menyenangkan saat berinteraksi melalui chat pertama di kencan daring.

Menurut data dari aplikasi kencan daring, Tinder, sebanyak 51 persen anak muda di Indonesia menghadapi tantangan terbesar dalam memulai koneksi baru, yaitu rasa canggung.

Dalam mengatasi hal tersebut, School of Swipe, sebuah modul kencan dari Tinder, memberikan beberapa tips untuk membangun "chemistry" lewat chat pertama saat kencan daring. Berikut ini 3 tips yang dapat membantu Anda dalam menciptakan koneksi yang lebih baik.

1. Sapa dengan nama

Memanggil nama lawan bicara dapat memberikan kesan yang lebih personal dan menunjukkan rasa penghargaan terhadap mereka. Sebagai contoh, Adellina Fitryani (33), seorang kreator konten Twitter, memulai perjalanan cintanya dengan memanggil nama sang suami, Bajay, di Tinder. Adellina pertama kali menyapa Bajay dengan memberikan komentar lucu tentang namanya, dan respon yang lucu dari Bajay memunculkan percikan koneksi di antara mereka. Percakapan mereka pun berlanjut, dan akhirnya mereka bertemu untuk kencan tatap muka pertama kalinya. Setelah menemukan chemistry yang tepat lewat chat pertama, hubungan mereka berkembang dan mereka akhirnya menikah setelah berpacaran selama 2,5 tahun.

2. Tunjukkan minat yang tulus terhadap minat teman kencan

Ketika melihat minat atau kesukaan teman kencan di profilnya, Anda dapat memulai percakapan dengan membahas hal tersebut. Cobalah membuka percakapan tentang ketertarikannya tersebut, meskipun Anda mungkin tidak tahu banyak. Percakapan ini dapat memberikan banyak informasi baru dan juga membantu Anda mengetahui sejauh mana kesesuaian di antara Anda dan teman kencan.

3. Coba main "two truths and a lie"

Menjajal permainan seru seperti "two truths and a lie" dapat memecah kebekuan dan membantu Anda saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat. Selain itu, permainan ini juga memberikan unsur kejutan. Pasti akan lucu melihat reaksi pasangan Anda saat mengetahui jawaban yang benar dan yang salah.

Terdapat kiat menarik lainnya seputar kencan yang dapat Anda dapatkan dari School of Swipe yang disediakan oleh Tinder. Kurikulum singkat mengenai kencan tersebut diharapkan dapat membantu Anda yang sedang bingung untuk memulai berkencan dan membawa autentisitas dalam menciptakan hubungan yang bermakna.(*)

*Artikel serupa juga telah tayang di Antara. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!